PGN akan tingkatkan infrastruktur gas untuk DKI

Kamis, 20 Februari 2014 - 14:38 WIB
PGN akan tingkatkan infrastruktur gas untuk DKI
PGN akan tingkatkan infrastruktur gas untuk DKI
A A A
Sindonews.com - Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara, Tbk (PGN) Hendi Prio Santoso menjelaskan, pihaknya siap untuk terus mengembangkan infrastruktur dalam rangka meningkatkan pertumbuhan penyaluran gas ke wilayah DKI Jakarta.

"PGN berkomitmen menjadikan DKI Jakarta sebagai role model Kota Gas di Indonesia dalam percepatan konversi BBM ke gas bumi," kata Hendi dalam pertemuannya dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) di Balaikota, Jakarta, Kamis (20/2/2014).

PGN, kata Hendi, menegaskan kembali komitmennya untuk mengembangkan infrastruktur gas bumi di DKI yang satu arah dengan rencana pengembangkan kota oleh Pemprov DKI.

Peningkatan infrastruktur gas sangat diperlukan untuk pemerataan penggunaan gas bumi di DKI Jakarta pada khususnya dan wilayah lain di Indonesia. Ini dilakukan untuk mengurangi beban negara akibat impor BBM. Ketergantungan pada impor BBM itu telah menguras devisa negara yang membuat neraca perdagangan Indonesia defisit. Ketergantungan pada BBM impor itu juga menambah beban subsidi energi di APBN.

Hendi juga menyampaikan rencana PGN terkait penambahan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) selama 2014. PGN siap untuk membangun 6 SPBG di wilayah DKI Jakarta. Selain itu juga menambah 2 Mobile Refuelling Unit/MRU atau SPBG berjalan.

"Ini akan menjadikan Jakarta memiliki 3 MRU. Ini adalah bagian dari 16 SPBG yang akan dibangun PGN pada tahun ini di berbagai kota di Indonesia," ujar Hendi.

Terkait dengan pengembangan jaringan ke rumah tangga di DKI, terdapat potensi penambahan jaringan gas baru sebesar 44.500 sambungan yang bisa dikerjakan pada tahun ini dan tahun selanjutnya.

Pekerjaan ini merupakan bagian dari Gerakan PGN Sayang Ibu. Dalam program ini PGN akan membangun jaringan gas baru untuk 1 juta pelanggan. Dan tahun ini menjadi awal dari program itu.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5831 seconds (0.1#10.140)