Tahun ini industri migas canangkan 206 eksplorasi

Jum'at, 21 Februari 2014 - 14:47 WIB
Tahun ini industri migas canangkan 206 eksplorasi
Tahun ini industri migas canangkan 206 eksplorasi
A A A
Sindonews.com - Plt. Kepala SKK Migas J. Widjonarko mengatakan, industri hulu minyak dan gas bumi (migas) merencanakan akan melakukan 206 pengeboran sumur eksplorasi di 2014.

"Kita berharap semua pengeboran sumur eksplorasi yang direncanakan tersebut dapat terealisasi, tidak seperti tahun lalu yang realisasinya hanya sekitar 130 sumur eksplorasi,” ujar Widjonarko baru-baru ini.

Selain pengeboran 206 sumur eksplorasi, tahun ini industri hulu migas juga merencakanan 49 kegiatan survei dan seismik. Survey seismik 2D direncanakan sepanjang 9.020 kilometer sedangkan survey seismik 3D direncanakan seluas 11.633 kilometer persegi.

Dia menambahkan, pengeboran eksplorasi merupakan kegiatan utama untuk menemukan cadangan migas baru. “Kita berharap adanya dukungan dari semua pihak terutama dalam mempelancar perizinan di lapangan,” ujarnya.

Kegiatan eksplorasi adalah tahap awal dari seluruh rangkaian kegiatan hulu migas. Secara umum, aktivitas eksplorasi meliputi studi geologi, studi geofisika, survei seismik, dan pengeboran eksplorasi.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk menemukan cadangan baru, baik di wilayah kerja yang sudah berproduksi maupun di wilayah kerja yang belum diproduksikan," ujarnya.

Kegiatan eksplorasi memerlukan biaya yang sangat besar untuk memperoleh informasi geologi, seismik, pengeboran sumur, dan pengolahan data. Di sisi lain, kegiatan ini mengandung risiko dan ketidakpastian yang sangat tinggi.

Hasil kegiatan eksplorasi bervariasi. Investor dapat gagal menemukan cadangan migas, atau menemukan cadangan namun tidak ekonomis untuk dikembangkan. Jika berhasil menemukan cadangan yang cukup ekonomis untuk dikembangkan, kegiatan akan dilanjutkan ke fase produksi.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5449 seconds (0.1#10.140)