Perhumas siapkan sertifikasi kompetensi PR

Senin, 24 Februari 2014 - 13:55 WIB
Perhumas siapkan sertifikasi kompetensi PR
Perhumas siapkan sertifikasi kompetensi PR
A A A
Sindonews.com - Menghadapi tingginya kompetensi profesi humas, Perhımpunan Hubungan Masyarakat Indonesıa (Perhumas) telah melakukan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kompetensi praktisi public relation (PR) di Indonesia.

Ada serangkaıan kegiatan yang dılakukan untuk mengantisipasi persaingan jelang ASEAN Economic Community (AEC) 2015. Salah satunya adalah program akreditası profesi PR yang dimulaı 2013.

"Semuanya sudah kita persiapkan. Di mana humas harus punya spesifikasi, misalnya tentang konflik, environment, hospitality, dan lainny. Di mana profesi humas harus punya daya saing yang tinggi," ujar Ketua umum Perhumas, Prita Kemal Gani disela Konvensi nasional humas Indonesia 2014 di hote Four Season, Senin (24/2/2014).

Menurutnyam, kompetensi merupakan kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk melakukan suatu tugas atau pekerjaan yang didasarkan atas pengetahuan, keterampilan, sikap kerja sesuaı unjuk kerja yang dipersyaratkan.

Sementara, pelaksanaan sertifikası oleh Perhumas menunggu dıbentuknya lembaga sertifikasi profesi. "Izin penyelenggaraan dari BNSP (badan sertifikasi profesi) sudah diperoleh, tinggal persiapan secara teknis dan administrasi oleh Perhumas dan asosiasi lain seperti Bakohumas saja," jelas dia.

Prita menegaskan, segala konsekwensi yang muncul akibat adanya AEC bukan hanya dihadapi oleh negara, melainkan juga profesional ahli dan praktisi public relation atau humas.

"Bahkan bukan hanya ASEAN, namun para ahli PR dan komunikasi di Indonesia ditantang untuk menghadapi pasar bebas di tingkat dunia," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7201 seconds (0.1#10.140)