BNP Paribas incar dana kelolaan Rp38 T

Senin, 14 April 2014 - 15:48 WIB
BNP Paribas incar dana kelolaan Rp38 T
BNP Paribas incar dana kelolaan Rp38 T
A A A
Sindonews.com - PT BNP Paribas Investment Partners (PT BNPP IP) mengincar dana kelolaan (Asset Under Management/AUM) sekitar Rp37-38 triliun hingga akhir 2014 seiring dengan diluncurkannya reksa dana baru, reksa dana BNP Paribas Astro.

Per akhir Februari 2014, BNP Paribas telah mengantongi dana kelolaan sebesar Rp35,33 triliun, yang sebagian besar atau sekitar 70 persen masih didominasi oleh reksa dana saham.

“Sementara akhir tahun 2013 lalu, AUM kami kisaran Rp33-34 triliun,” kata Presiden Director BNP Paribas Investment Partners Vivian Secakusuma di sela-sela peluncuran reksa dana BNP Paribas Astro di Jakarta, Senin (14/4/2014).

Untuk mencapai target tersebut, BNP Paribas mengeluarkan produk reksa dana baru berdenominasi dolar Amerika Serikat (USD). Menurut dia, reksa dana BNP Paribas Astro ini dapat memberikan keuntungan apabila ada apresiasi dari nilai mata uang rupiah terhadap USD.

“Produk ini bisa di-switching atau pengalihan dari reksa dana USD yang satu ke reksa dana USD yang lain. Selain itu, produk ini untuk meningkatkan kemudahan diversifikasi dan rebalancing portofolio untuk investor,” papar dia.

Dia menjelaskan, mayoritas penempatan reksa dana BNP Paribas Astro pada saham, sehingga kinerja reksa dana akan dipengaruhi oleh fluktuasi harga saham yang menjadi dasar reksa dana dan pergerakan nilai tukar antara USD dan rupiah.

“Melalui produk ini, investor bakal memperoleh keuntungan tidak hanya saham tapi juga pasar Indonesia secara keseluruhan,” tandasnya.

Vivian menuturkan, minimum 80 persen dana akan masuk ke saham di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk BNP Paribas Astro, sementara sisanya bisa masuk ke obligasi dan instrumen pasar uang dalam negeri.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4574 seconds (0.1#10.140)