Pemerintah akan gelar Rakornas TPID bulan depan

Senin, 21 April 2014 - 12:54 WIB
Pemerintah akan gelar...
Pemerintah akan gelar Rakornas TPID bulan depan
A A A
Sindonews.com - Deputi I Kementrian Koordinator bidang Perekonomian, Bobi Hamzar Rafinus menungkapkan, Rakornas Tim Pelaksana Inflasi Daerah (TPID) diperkirakan akan digelar pada Mei 2014.

"Dalam rangka mendorong perekonomian daerah dan terciptanya stabilisasi harga, serta meningkatkan donasi antara pusat dan daerah, pokjanas TPID akan menyelenggarakan rapat koordinasi nasional ke-5 pada 2014 yang rencananya akan digelar sekitar 21 Mei 2014 di Ruang Rapat Puri Agung Hotel Sahid Jaya. Rakornas juga akan dibuka oleh Presiden RI," ungkap Bobi di Gedung Bank Indonesia (BI), Senin (21/4/14).

Dia menjelaskan, tema Rakornas tersebut memperkuat koordinasi pusat daerah dan mempercepat kerja sama antar daerah dalam upaya menjaga stabilitas harga serta meningkatkan perekonomian daerah.

"Kami akan mengundang kementrian/lembaga terkait, gubernur 33 provinsi, bupati/walikota dari 167 kapupaten kota yang sudah membentuk TPID, 200 ketua TPID, dan 41 kepala perwakilan dari Bank Indonesia," jelas Bobi.

Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa dalam Rakornas nanti, pihaknya akan memberikan apresiasi atau penghargaan khusus atas peran aktif TPID dalam menjaga stabilitas harga di daerah-daerah yang memang sudah melaksanakan TPID.

Sehubungan dengan penghargaan tersebut, pemerintah terkait sudah melakukan beberapa penyesuaian yang disosialisasikan ke daerah-daerah. Penyesuaian yang dilakukan, pertama memasukkan aspek mekanisme koordinasi pokjanas TPID tidak hanya sebatas pada TPID di kota-kota sample perhitungan inflasi harga yang dilakukan pihak terkait. Namun, juga seluruh TPID tingkat provinsi maupun kota.

Kedua, fungsi edukasi dan sosialisasi kepada aparatur pemerintah daerah terkait kegiatan ini. Ketiga, kerjas ama dan kesepahaman yang dibangun, dalam pokjanas TPID tidak hanya dalam konteks pertukaran data.

Namun, lanjut dia, juga diperluas dalam hal pengembangan manajemen sistem informasi harga yang merupakan dasar kerja sama pengembangan pusat informasi harga pangan strategis.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0523 seconds (0.1#10.140)