Aktivitas manufaktur China naik tipis

Rabu, 23 April 2014 - 13:07 WIB
Aktivitas manufaktur China naik tipis
Aktivitas manufaktur China naik tipis
A A A
Sindonews.com - Raksasa perbankan Inggris, HSBC melaporkan, aktivitas manufaktur China meningkat sedikit pada April, karena permintaan domestik menunjukkan perbaikan. Namun, ekonomi terbesar kedua di dunia itu masih menunjukkan tanda-tanda pelemahan.

HSBC mengatakan, bahwa Indeks manajer pembelian (PMI) menunjukkan bahwa aktivitas manufaktur pabrik dan bengkel di China, naik menjadi 48,3 pada April dari 48,0 pada Maret.

Indeks ini alat ini yang diawasi dengan ketat dari kesehatan kekuatan ekonomi Asia, sebagai pendorong utama pertumbuhan global. Angka di bawah 50 poin menunjukkan sinyal kontraksi sementara apa pun di atas poin itu menunjukkan sinyal pertumbuhan.

Sementara, angka menunjukkan sektor manufaktur penting di negara itu masih menyusut pada tingkat yang lebih lambat. "Permintaan domestik menunjukkan perbaikan ringan dan tekanan deflasi mereda," kata ekonom HSBC Qu Hongbin dalam sebuah pernyataannya seperti dikutip dari AFP, Rabu (23/4/2014).

"Tapi downside risiko terhadap pertumbuhan masih terlihat baik, di mana masih adanya pesanan ekspor baru dan kerja kontrak," katanya.

Namun, saham di Shanghai Composite Index sebesar 0,49 persen lebih rendah pada akhir perdagangan pagi ini. Pekan lalu perekonomian melemah untuk kuartal kedua berturut-turut pada Januari-Maret, tumbuh 7,4 persen secara year on year, di mana para pemimpin menyalahkan pemulihan global yang lambat dan reformasi struktural dalam negeri.

Hal tersebut menandai penurunan tajam dari pertumbuhan 7,7 persen pada Oktober-Desember dan 7,8 persen dalam tiga bulan sebelumnya. Beijing telah mengumumkan serangkaian tindakan yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan, termasuk keringanan pajak untuk usaha kecil dan pengeluaran infrastruktur yang ditargetkan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5743 seconds (0.1#10.140)