Kopi Indonesia paling unik dan berkualitas di dunia

Sabtu, 26 April 2014 - 16:23 WIB
Kopi Indonesia paling unik dan berkualitas di dunia
Kopi Indonesia paling unik dan berkualitas di dunia
A A A
Sindonews.com - Perwakilan Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), Syarifudin mengungkapkan, kopi Indonesia memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya banyak diminati dan menginspirasi perkopian dunia.

"Specialty coffee Indonesia memiliki keunikan tersendiri. Misalnya, cara pemrosesan tradisional yang dikenal dengan nama wet hulling (giling basah) yang menjadikan warna biji kopi Indonesia kebiruan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/4/2014).

Specialty coffee Indonesia, lanjut Syarifudin, juga kaya rasa. Masing-masing daerah memiliki karakteristik rasa, seperti rasa buah-buahan, cokelat, tembakau, dan keasamannya juga beragam, seperti rasa wine dan butter.

Selain itu, specialty coffee Indonesia memiliki variasi paling banyak di dunia dengan kualitas tinggi. "Setidaknya Indonesia memiliki enam variasi bibit specialty coffee," terang dia.

Dalam pembukaan Specialty Coffee Association of America (SCAA) ke-26 di Seattle, AS, selain para produsen dan petani kopi, hadir Mira Yudhawati, barista asal Indonesia yang juga merupakan certified Q Grader dan juri resmi World Barista Championship (WBC). Menurutnya, Indonesia memiliki specialty coffee berkualitas dan beragam.

"Sayang, pengetahuan para petani mengenai kopi harus lebih ditingkatkan supaya dapat mengoptimalkan kualitas kopi dan meningkatkan nilai," imbuhnya.

Di lain pihak, atase Perdagangan Washington DC, Ni Made Ayu Marthini mengingatkan pentingnya sinergi antara pemerintah, pengusaha, serta petani dalam memajukan perkopian Indonesia.

"Pak Dubes (Duta Besar RI untuk AS) menggarisbawahi pentingnya peningkatan kesejahteraan petani kopi, mengingat permintaan kopi sangat tinggi dan harganya cukup baik. Beliau meminta agar seluruh pemangku kepentingan di Indonesia dapat bekerja sama melakukan kampanye positif untuk meningkatkan citra kopi Indonesia," ujarnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0234 seconds (0.1#10.140)