Bandara Samarinda Baru tak akan saingi Sepinggan

Kamis, 01 Mei 2014 - 14:56 WIB
Bandara Samarinda Baru tak akan saingi Sepinggan
Bandara Samarinda Baru tak akan saingi Sepinggan
A A A
Sindonews.com - Beberapa kalangan menilai, Bandara Samarinda Baru yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan akan bersaing dengan Bandara Sepinggan di Balikpapan yang sudah lebih dulu beroperasi.

Menanggapi hal itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, bandara Samarinda Baru tidak akan menyaingi Bandara Sepinggan, karena jarak keduanya yang terlampau jauh.

"Itu (Samarinda-Balikpapan) jauh sekali sekitar 120 KM. Itu lebih jauh daripada Semarang-Solo," ujarnya, Kamis (1/5/2014).

Selain jaraknya yang jauh, medan antara Samarinda dan Balikpapan pun terlampau sulit. Membutuhkan waktu tiga jam untuk ke Balikpapan jika dari Samarinda.

"Belum lagi orang di daerah Bontang, itu jauh kalau ke Balikpapan. Samarinda kan bandara provinsi, artinya beda, enggak dekat. Itu tiga jam," tandas dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Dahlan Iskan mengatakan dalam waktu dekat akan mengerahkan lima BUMN karya untuk menyelesaikan proyek landasan (runway) di Samarinda, Kalimantan Timur.

"Landasan belum jadi, mungkin minggu depan kita kumpulkan lima BUMN karya untuk bagaimana landasan runway jadi dalam waktu dekat," ujarnya.

Dalam pertemuannya dengan Gubernur Kalimantan Timur beberapa waktu lalu, dia mengatakan, pihaknya akan membantu mereka untuk menyelesaikan landasan Samarinda tersebut. Pasalnya, proyek ini sudah lama tidak terselesaikan lantaran pemerintah setempat kekurangan biaya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8334 seconds (0.1#10.140)