Terus berinovasi demi ciptakan brand kuat

Senin, 05 Mei 2014 - 10:31 WIB
Terus berinovasi demi ciptakan brand kuat
Terus berinovasi demi ciptakan brand kuat
A A A
MENCIPTAKAN merek (brand) kuat di tengah masyarakat yang semakin beragam menjadi tantangan terbesar yang seringkali dihadapi pelaku usaha di berbagai sektor industri.

Tak terkecuali yang dirasakan oleh Megusdyan Susanto, Direktur Utama PT Standardpen Industries dalam memperkenalkan produk pulpen hasil kreasinya hingga dikenal masyarakat seperti saat ini.

"Orang yang sering menggunakan bolpen (pulpen) akan mendambakan bolpen yang smooth dan pekat karena akan meringankan daya tekan menulis. Penulis jadi tidak cepat lelah. Ini adalah tantangan yang cukup besar untuk menciptakan bolpen dengan semua kriteria itu," kata dia kepada Sindonews akhir pekan lalu.

Untuk menciptakan brand yang kuat, membangun komitmen untuk menghasilkan produk-produk berkualitas yang aman bagi kesehatan menjadi strategi Megusdyan agar produknya dikenal masyarakat luas.

Dengan strategi itu lah produk pulpen yang dipasarkan dengan merek Standard ini berhasil bertahan dan kian banyak digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan Tanah Air, bahkan hingga ke mancanegara.

Hasilnya, produsen pulpen yang telah berdiri lebih dari 50 tahun tersebut telah mengembangkan produk baru, yang diberi nama Pascola. Produk ini kelak menjadi produk alat tulis unggulan di Indonesia.

Dia menerangkan, Pascola merupakan oil pastel pertama yang diproduksi secara keseluruhan di Indonesia oleh PT Standardpen Industries pada 2011, mulai dari penelitian dan pengembangan (R&D), seleksi bahan baku sampai produksi semua dilakukan di Indonesia.

Dengan langkah tersebut, dirinya yang menjadi generasi kedua silsilah pendiri perusahaan pulpen nasional tersebut, bersama PT Standardpen Industries telah berhasil membuat Pascola sebagai produk yang aman bagi pemakai (non-toxic), tidak membuat iritasi pada kulit, bertekstur lembut, memiliki warna yang lebih cerah dan mudah untuk digradasi.

Namun demikian, sambung dia, membuat produk berkualitas saja rupanya juga tidak cukup. Menurutnya, perlu ada kedekatan antara perusahaan dengan para konsumennya, sehingga kecintaan terhadap produk-produk yang dihasilkan pun dapat terbangun.

Sejalan dengan visi tersebut, baru-baru ini PT Standardpen Industries untuk kali pertama mengadakan lomba mewarnai tingkat nasional Pascola.

Tidak tanggung-tanggung, sekitar 18 ribu peserta dilibatkan dalam kegiatan yang digelar di 12 kota di Indonesia, meliputi wilayah Jabodetabek, Sumatera, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali dan Sulawesi.

Sebagai hadiahnya, juara 1 dari masing-masing kategori mendapat paket berlibur ke Legoland, Johor Bahru, Malaysia. Dari masing-masing kota akan diambil dua orang pemenang utama, di mana tiap pemenang dapat membawa pendamping, sehingga total keseluruhan pemenang dan pendamping yang akan diterbangkan ke Legoland berjumlah 48 orang.

“Melalui lomba mewarnai nasional ini, kami dari pihak PT Standardpen Industries ingin memberikan wadah bagi anak-anak untuk mengembangkan kreativitasnya," ungkap dia.

Melalui berbagai strategi tersebut, Megusdyan percaya produk yang dihasilkannya bersama PT Standardpen Industries tersebut dapat semakin dikenal pasar bukan hanya di dalam negeri, namun juga di luar negeri, sejalan dengan semakin ketatnya persaingan industri jelang ASEAN Economy Community (AEC) 2015 mendatang.

"PT Standardpen Industries berkomitmen menyediakan produk dalam negeri yang berkualitas dengan harga yang pantas serta menjangkau lebih luas lagi pasar luar negeri agar produk-produk Indonesia lebih dikenal lagi di dunia internasional," kata dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3872 seconds (0.1#10.140)