Berikut sistem operasi FSRU Lampung

Sabtu, 10 Mei 2014 - 15:25 WIB
Berikut sistem operasi FSRU Lampung
Berikut sistem operasi FSRU Lampung
A A A
Sindonews.com - Tidak lama lagi proyek Floating Storage Receiving Terminal (FSRU) Lampung yang digagas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan segera beroperasi pada Juli 2014 mendatang. Bagaimana sistem operasinya?

Head of Corporate Communication PGN Ridha Ababil menjelaskan, dalam operasi FSRU Lampung menerima gas berupa LNG cair yang diangkut dari sumur migas oleh kapal angkut.

"LNG itu kemudian diubah menjadi gas (regasifikasi) dan kemudian dialirkan melalui pipa bawah laut. Segala proses penerimaan dan regasifikasi dilakukan di lepas pantai," terangnya dalam acara Media Site Visit di Lampung, Sabtu (10/5/2014).

Setelah melalui regasifikasi, lanjut dia, gas kemudian masuk ke Tower Yoke Mooring System (TYMS). Fasilitas ini yang menghubungkan antara FSRU dengan jaringan pipa ke darat melalui dasar laut.

"Jaringan pipa di bawah lautnya memang statis, tapi untuk TYMS ini bisa berputar hingga 360 derajat. Jadi meskipun FSRU bergerak karena terbawa ombak tapi proses pengaliran gas tidak terhenti, tetap jalan," ujarnya.

Ridha menuturkan, di darat gas akan diterima fasilitas yang dinamakan terminal penerima LNG hingga pada akhirnya dialirkan ke konsumen memalui jaringan pipa yang dikelola perusahaan. "Jarak antara FSRU dengan daratan itu sekitar 21 kilometer (km)," paparnya.

Namun, rangkaian fasilitas ini belum sepenuhnya dapat beroperasi karena masih harus menunggu penyempurnaan sejumlah bagian yang konstruksinya belum selesai.

"Pembangunan seluruh bagian terminal penerima LNG di Lampung akan selesai pada awal Juni 2014. Setelah melakukan testing dan commissioning, terminal penerima LNG akan mulai beroperasi sekitar awal Juli 2014," ujarnya.

Adapun dipilihnya, kata Ridha, Lampung menjadi tempat pembangunan terminal karena posisinya sangat strategis sebagai penghubung energi antara Jawa dan Sumatera.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7611 seconds (0.1#10.140)