Pemadaman listrik rugikan pengusaha UMKM

Rabu, 14 Mei 2014 - 10:17 WIB
Pemadaman listrik rugikan pengusaha UMKM
Pemadaman listrik rugikan pengusaha UMKM
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berharap PT PLN (Persero) segera melakukan langkah perbaikan untuk mengatasi pasokan listrik demi menekan kerugian yang lebih besar.

”Yang paling banyak menanggung kerugian terutama untuk pengusaha kecil dan menengah. Misalnya usaha daging, pendingin yang rusak bisa menyebabkan cost, termasuk produksi daging itu sendiri,” ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi di Jakarta.

Menurutnya, kalangan pengusaha menengah masih bisa melakukan antisipasi akibat pemadaman tiba-tiba oleh PLN lantaran memiliki genset.

Namun, jika pemadaman terus berlanjut, biaya produksi perusahaan akan terus bertambah. ”Karena itu harus ada kejelasan sampai kapan pemadaman ini berakhir. Biar biayanya juga kehitung. Sebab kalau terus-menerus terjadi pemadaman menyebabkan cost tinggi,” ucapnya.

Di sisi lain, dia berharap pemerintah bisa mengeluarkan anggaran yang besar demi ketersediaan listrik di Tanah Air. Menurutnya, selama ini investasi ketenagalistrikan oleh pemerintah masih sangat kecil. ”Saya kira investasi listrik yang dilakukan pemerintah harus lebih besar.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7625 seconds (0.1#10.140)