Pemerintah Anugerahkan Penghargaan TPID Terbaik

Rabu, 21 Mei 2014 - 11:55 WIB
Pemerintah Anugerahkan Penghargaan TPID Terbaik
Pemerintah Anugerahkan Penghargaan TPID Terbaik
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Dalam Negeri bersama dengan Bank Indonesia (BI), memberikan penghargaan bagi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terbaik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi upaya yang telah ditempuh TPID tersebut dalam pengupayaan pengendalian inflasi di daerah. Gubernur BI Agus DW Martowardojo memaparkan bahwa inflasi nasional sebagian besar disumbang oleh inflasi di daerah.

"Lebih dari 80% inflasi nasional dipengaruhi daerah. Kondisi dan masalah-masalah inflasi sangat beragam di setiap daerah. Butuh penanganan khusus, sinergi dengan daerah lain, dan koordinasi dengan tingkat pusat," katanya pada Rapat Koordinasi Nasional TPID di Hotel Grand Sahid Jaya, Rabu (21/5/2014).

Penghargaan TPID Terbaik 2013 diberikan kepada Provinsi Sumatera Selatan dan Kota Padang untuk Kawasan Sumatera, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Jember untuk Kawasan Jawa, serta Provinsi Kalimantan Tengah dan Kota Pontianak untuk kawasan timur Indonesia.

Sementara, penghargaan TPID berprestasi 2013 diberikan kepada Kota Tebing Tinggi untuk kawasan Sumatera, Kabupaten Malang untuk kawasan Jawa, dan Kabupaten Sinjai untuk kawasan timur Indonesia.

Penghargaan bagi TPID ini merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah, sekaligus diharapkan dapat memotivas daerah lainnya untuk semakin menigkatkan perannya dalam mewujudkan stabilitas harga, serta mendukung pencapaian sasaran inflasi nasional.

"Kategori TPID Terbaik diberikan kepada daerah yang membentuk TPID dan menjadi sampel penghitungan inflasi IHK oleh BPS. TPID Berprestasi diberikan kepada darah yang membentuk TPID, namun belum menjadi sampel penghitungan inflasi IHK," jelas Agus.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4932 seconds (0.1#10.140)