Job Fair Tangerang Didominasi Pencari Kerja Pemula

Jum'at, 23 Mei 2014 - 17:33 WIB
Job Fair Tangerang Didominasi Pencari Kerja Pemula
Job Fair Tangerang Didominasi Pencari Kerja Pemula
A A A
TANGERANG - Ribuan para pencari kerja yang mengikuti job fair Kota Tangerang, kini didominasi wajah-wajah baru. Mayoritas para siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan fresh graduate.

Data Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang menunjukan, 60% dari mereka merupakan para pencari kerja pemula. "Dari 6.500 lowongan pekerjaan yang disediakan berbagai perusahaan di Tangerang, mayoritas membutuhkan tenaga kerja lulusan SMA dan Universitas. Jadi wajar kalau didominasi para pencari kerja pemula," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang, Abduh Surahman, Jumat (23/5/2014).

Selain itu, kegiatan yang dilakukan bertepatan dengan moment kelulusan siswa SMA/SMK sederajat ini, memang dimaksudkan untuk menekan tingkat pengagguran di Kota Tangerang yang seringkali menjadi polemik pasca kelulusan.

"Biar anak-anak yang baru lulus itu enggak nganggur. Dan langsung bisa mendapatkan pekerjaan," ujar dia.

Abduh mengatakan, jumlah angka pengangguran di Kota Tangerang secara keseluruhan sebanyak 73 ribu orang. Jumlah tersebut terdiri dari 12 ribu pengangguran murni dan 61 ribu pengangguran setengah terbuka. Jumlah antara pencari kerja dan lowongan yang tersedia tidak seimbang.

"Dari total jumlah pencari kerja sebanyak 25.942 orang, lowongan hanya ada untuk 16.882 orang. Sementara yang sudah ditempatkan baru 1420 orang," katanya.

Sementara, salah seorang peserta job fair, Hanifah mengaku senang dengan diadakannya kegiatan tersebut. Karena merasa terbantu dan berharap bisa mendapatkan pekerjaan.

"Ya, mudah-mudahan lewat kegiatan ini saya bisa langsung dapat kerja. Biar enggak kelamaan diam di rumah," ujar wanita yang baru lulus SMA tahun ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6200 seconds (0.1#10.140)