Ganjar-Mahfud Bertekad Buka 17 Juta Lapangan Kerja dalam 5 Tahun

Jum'at, 05 Januari 2024 - 18:56 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Bertekad Buka 17 Juta Lapangan Kerja dalam 5 Tahun
Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD bertekad membuka lapangan kerja baru sebanyak 17 juta dalam lima tahun jika memenangi Pilpres 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD bertekad membuka lapangan kerja baru sebanyak 17 juta dalam lima tahun jika memenangi Pilpres 2024. Untuk mewujudkannya, paslon yang diusung PDIP, PPP, Partai Perindo, dan Partai Hanura ini mendorong pusat ekonomi baru di desa yang berfokus pada pertanian dan maritim.



Membuka 17 juta lapangan kerja baru merupakan salah satu dari 21 program unggulan yang ditawarkan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. Keduanya akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp2.500 triliun untuk melaksanakan 21 program tersebut.

"Ganjar-Mahfud menyiapkan 21 program unggulan senilai Rp2.500 triliun selama 5 tahun, salah satunya 17 juta lapangan kerja," kata Mahfud MD dalam keterangan dari Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud dikutip, Jumat (5/1/2024).



Mahfud menjelaskan, 17 juta lapangan kerja baru itu akan terwujud melalui beberapa cara. Antara lain mendorong pusat ekonomi baru melalui vokasi terintegrasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di desa melalui industrialisasi yang fokus pada sektor pertanian dan maritim.

Untuk mewujudkan pusat perekonomian baru, ada beberapa strategi yang disiapkan yaitu meluncurkan platform yang memudahkan masyarakat mendapat pekerjaan melalui bursa kerja online dan offline di tingkat Dinas Ketenagakerjaan secara berkesinambungan, dan juga memberi beasiswa dan mentoring entrepreneurship untuk meningkatkan skill pekerja.

Selain itu, Mahfud juga berjanji melakukan pendataan UMKM sampai ke level kabupaten dalam Satu Data Indonesia, serta meningkatkan kualitas pelaku UMKM melalui inkubasi bisnis dan coaching clinic. Ganjar dan Mahfud yakin, program 17 juta lapangan kerja baru selama lima tahun, akan menjamin semua lulusan pasti kerja .
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2201 seconds (0.1#10.140)