BRI Sediakan Aplikasi Mocash untuk Transaksi Pelaku Usaha

Sabtu, 24 Mei 2014 - 14:11 WIB
BRI Sediakan Aplikasi Mocash untuk Transaksi Pelaku Usaha
BRI Sediakan Aplikasi Mocash untuk Transaksi Pelaku Usaha
A A A
MANADO - Tingginya peredaran uang cash yang memancing aksi kriminilitas membuat BRI perlu melakukan inovasi dengan mendorong transaksi elektronik (mobile banking).

"Kami menyediakan aplikasi BRI mobile yang dapat diunduh melalui semua jenis ponsel pintar (smartphone)," jelas Pemimpin Kantor Wilayah (Kanwil) BRI Manado Osbal Saragi, Jumat (23/5/2014).

Menurutnya, fitur terbaru mobile banking ini dinamakan Mobile Cash (Mocash) BRI yang diperuntukkan bagi pelaku usaha nasabah BRI.

"Aplikasi ini merupakan salah satu fasilitas e-channel mobile banking BRI untuk melakukan pembayaran transaksi belanja oleh pelanggan di merchant/store yang sudah bekerja sama dengan BRI dengan menggunakan handphone," ujar Saragi.

Saragi mengklaim, fitur terbaru ini telah menjawab kebutuhan bisnis Jimmy Asiku (owner it-Center Manado) yang bergerak dibidang IT, di mana mitra bisnisnya sekira 11.000, tersebar di Sulut dan Gorontalo.

"Saya sudah ketemu Jimmy Asiku untuk memaparkan Mocash. Dia tertarik dan ingin segera mengadopsi fitur terbaru ini, dengan alasan bisa menjawab kebutuhan bisnisnya. Untuk itu, kami siapkan teknologi khusus untuk dia," jelas Saragi.

Saragi melanjutkan, layanan teknogi BRI ke depan akan jauh lebih baik lagi, sebab akan memiliki satelit sendiri. Di mana sebelumnya bahkan hingga saat ini masih menyewa satelit milik provider telekomunikasi. "Dalam waktu dekat kami akan ke Amerika untuk melihat perkembangan persiapan satelit milik BRI itu," jelas Saragi.

Wapinwil BRI Manado Bidang Operasional Nanu Rohanu menambahkan, Mocash, fitur terbaru BRI ini, Anda (pelaku usaha nasabah BRI) cukup menyediakan id store di tempat usaha. Dengan id store ini, konsumen cukup menggunakan handphone, mengetik nominal sesuai barang yang akan dibeli. Selanjutnya masuk ke saldo rekening pemilik usaha melalui sms banking. Demikian juga dengan konsumen, melihat debit hasil transaksi yang dibelanjakan.

"Transaksi sms banking mocash ini, kelipatan satu rupiah ke atas. Jadi Anda tak perlu ragu lagi menggunakan fitur terbaru kami," terang Saragi.

Rohanu juga menjamin sistem keamanan mocash ini. Jika handphone pelaku usaha hilang, tak perlu khawatir. Sebab password dan pin untuk menampung transaksi, hanya pelaku usaha yang ketahui.

Sebagai tahap awal untuk mendapatkan id store tempat usaha, datang langsung ke kantor BRI terdekat untuk melakukan registrasi, dan jangan lupa bawah handphone.

"Bagi nasabah BRI, cukup memiliki tabungan BRI (BritAma atau Simpedes) dan kartu ATM yang masih berstatus aktif," imbuh Rohanu.

Selanjutnya, kata Rohanu, nasabah melakukan registrasi sms banking melalui mesin ATM BRI dan customer service BRI. Kemudian menginstall aplikasi mobile BRI di handphone yang nomornya sudah didaftarkan sms banking BRI.

"Setelah proses itu dilalui, maka nomor registrasi id store tempat usaha terima melalui sms banking. Nomor id ini bisa ditempelkan di tempat usaha, untuk mempermudahkan konsumen nasabah BRI. Melihat tempat usaha Anda memiliki mocash id store," tukas Rohanu sembari menyebut, mocash ini sementara digenjot sosialisasinya kepada masyarakat sebab masih termasuk baru.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5504 seconds (0.1#10.140)