Libur Sekolah Diperkirakan Sumbang Inflasi

Senin, 26 Mei 2014 - 19:22 WIB
Libur Sekolah Diperkirakan Sumbang Inflasi
Libur Sekolah Diperkirakan Sumbang Inflasi
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) menyampaikan, hingga saat ini inflasi masih relatif terjaga dan terkendali. Namun, yang menjadi tantangan bulan ini adalah masa liburan sekolah, tahun ajaran baru, Ramadan, dan Lebaran.

"Memang ada challenge kita untuk masalah inflasi, khususnya pada Ramadan di Juni, Juli dan Lebaran. Bersamaan juga dengan liburan sekolah, kita tahu liburan selalu menyebabkan inflasi naik dan pendaftaran sekolah, tahun ajaran baru itu juga selalu terjadi kenaikan inflasi," terangnya usai Rapat Koordinasi (Rakor) Pangan di Kantor Kemenko, Jakarta, Senin (26/5/2014).

Dia mengatakan, untuk menjaga inflasi dalam angka yang relatif aman perlu dilakukan segala persiapan. Dua pekan yang akan datang, pihaknya bersama kementerian terkait akan mengadakan rapat persiapan sebelum Ramadan.

"Setiap minggu kita akan monitor masalah perkembangan harga barang-barang komoditas yang ada," ujarnya.

Untuk menjaga persepsi perdagangan, kata dia, Menteri Perdagangan (Mendag) dan beberapa BUMN diminta untuk melakukan operasi pasar. Operasi ini dilakukan bukan saat harga naik, melainkan sebelum harga naik.

"Untuk menjamin bahwa para pedagang tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan. Artinya tidak mengambil keuntungan secara berlebihan dengan adanya spekulasi terkait dengan tersedianya barang-barang kebutuhan pokok," pungkas CT.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6440 seconds (0.1#10.140)