Sulsel Ekspor Hasil Industri Olahan

Kamis, 29 Mei 2014 - 15:06 WIB
Sulsel Ekspor Hasil Industri Olahan
Sulsel Ekspor Hasil Industri Olahan
A A A
MAKASSAR - Pengolahan sejumlah komoditi pertanian di Sulawesi Selatan (Sulsel) terus digenjot untuk merambah pasar internasional. Komoditi andalan seperti rumput laut, nilam hingga markisa kini sudah diekspor ke berbagai negara, baik Asia maupun Eropa.

Seperti yang terlihat di sela-sela peresmian Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Jalan Ahmad Yani, hari ini. Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo bersama Ketua Kadin Sulsel, Zulkarnain Arif melepas sejumlah komoditi untuk diekspor ke berbagai negara.

Antara lain minyak nilam sebanyak 40 ton yang diekspor ke India, tepung olahan rumput laut 40 ton dikirim ke sejumlah negara Eropa, dan Markisa 4,8 ton diekspor ke Singpura. "Ini adalah hasil industri olahan komoditi yang ada di Sulsel," kata Zulkarnain, Kamis (29/5/2014).

Pengiriman hasil olahan industri ini diharapkan terus ditingkatkan karena mempunyai prospek bisnis yang cukup menjanjikan. Jika kualitas komoditi juga terus diperbaiki maka petani pun ikut menikmati nilai jual komoditi yang akan dibanderol tinggi.

Syahrul juga mendorong agar para pengusaha di Sulsel terus melakukan inovasi, mengemas komoditi lewat industri olahan, sehingga mampu bersaing di pasar internasional. "Image produk dari Sulsel harus bagus agar kita diperhitungkan di luar negeri," ujarnya.

Mantan Bupati Gowa dua periode itu mengatakan, kemajuan daerah ditunjang keberhasilan pengusaha dalam menjalankan bisnisnya.

"Selaku pemerintah kami akan selalu mensupport dan memfasilitasi agar pengusaha terus maju. Banyak yang bisa diolah, Sulsel ini kaya sumber daya alam. Bisa diambil dari laut atau hutan, tanpa merusak hutan atau ekosistem laut," terangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2008 seconds (0.1#10.140)