Harga Minyak Dunia Jatuh

Jum'at, 30 Mei 2014 - 20:33 WIB
Harga Minyak Dunia Jatuh
Harga Minyak Dunia Jatuh
A A A
LONDON - Harga minyak mentah di perdagangan dunia hari ini jatuh, karena para pedagang mengambil napas setelah terjadi kenaikan baru-baru ini. Namun, tanda permintaan bensin yang lebih kuat di Amerika Serikat (AS) dan meningkatnya ketegangan di Ukraina masih memberikan dukungan.

Patokan AS, minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli, turun 43 sen menjadi USD103,15 per barel dibandingkan penutupan pada Kamis (29/10/2014). Kemudian kembali jatuh menjadi 102.98 per barel pada pukul 20.30 WIB.

Sementara minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juli, turun 29 sen menjadi USD109,68 per barel pada perdagangan di London. Selanjutnya, menyusut menjadi 109,55 per barel.

Dalam laporan mingguan, kemarin, Departemen Energi AS menunjukkan persediaan minyak secara keseluruhan naik. Namun, pasokan bensin jatuh pada pekan yang berakhir 23 Mei 2014.

Dilansir dari Business Recorder, Jumat (30/5/2014), Desmond Chua, analis pasar CMC Markets, Singapura mengemukakan, penurunan pasokan bensin sinyal permintaan bensin menguat karena memasuki musim panas (musim mengemudi), di mana banyak warga AS turun ke jalan untuk berlibur.

Pedagang juga memantau pertempuran yang meningkat antara pasukan pemerintah dan pemberontak di Ukraina, jalur utama ekspor gas alam Rusia ke Eropa.

Dalam pertempuran melawan gerilyawan, 12 tentara Ukraina termasuk seorang jenderal dilaporkan tewas ketika helikopter yang mereka tumpangi ditembak jatuh.

Barat menuduh Rusia mengobarkan kerusuhan di tetangganya itu, sejak presiden pro-Kremlin Viktor Yanukovych digulingkan pada Februari lalu. Tetapi, Moskow membantah tuduhan tersebut.

Investor khawatir konflik full-blown di negara bekas Uni Soviet itu akan mengganggu pasokan hingga menyebabkan harga energi melonjak.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8691 seconds (0.1#10.140)