Anggaran Kementan Dipangkas, HET Pupuk Tak Naik

Selasa, 10 Juni 2014 - 17:24 WIB
Anggaran Kementan Dipangkas, HET Pupuk Tak Naik
Anggaran Kementan Dipangkas, HET Pupuk Tak Naik
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan, pemangkasan anggaran di Kementerian Pertanian (Kementan) dalam RAPBN-P 2014 membuat anggaran untuk melaksanakan program pupuk bersubsidi menjadi terbatas.

Dia menegaskan meski anggaran dipangkas, namun harga eceran tertinggi (HET) tidak naik. "Anggarannya kurang, nanti dibahas di DPR. Jumlah pupuk juga akan dipenuhi sesuai rencana," kata Suswono usai Rakor Stabilitas Harga Pangan di Gedung Kemenko, Jakarta, Selasa (10/6/2014).

Menurutnya, ada dua opsi pemerintah untuk mengatasi persoalan pupuk bersubsidi, yaitu dengan menaikkan harga eceran tertinggi atau memakai metode kurang bayar.

Suswono mengatakan, kemungkinan menggunakan metode kurang bayar lebih besar, tapi dia belum bisa mengatakan kepastiannya. "Kemungkinan itu bisa saja tapi menunggu audit dari BPK," ujarnya.

Audit tersebut akan dilakukan sampai realisasi akhir tahun ini. Dari situ akan terlihat volume pupuk yang dikonsumsi, dan apakah volume pemakaian pupuk melebihi anggaran.

"Kalau volume yang ada melebihi anggaran ya berarti ada kurang bayar. Itu akan diselesaikan tahun berikutnya," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3682 seconds (0.1#10.140)