PT Pos Jamin Pengiriman Lewat Parcel Locker Aman

Selasa, 10 Juni 2014 - 17:44 WIB
PT Pos Jamin Pengiriman Lewat Parcel Locker Aman
PT Pos Jamin Pengiriman Lewat Parcel Locker Aman
A A A
BANDUNG - PT Pos Indonesia menjamin keamanan pengiriman barang lewat produk Parcel Locker. Produk inovasi PO Box ini dijamin PT Pos tidak akan bisa digunakan untuk kegiatan pelanggaran hukum seperti penyelundupan narkotika dan sebagainya.

Direktur Retail dan Properti PT Pos Indonesia Setyo Riyanto menegaskan, pihaknya senantiasa melakukan proses pengecekan barang yang dikirimkan melalui pos.

"Proses pemeriksaan keamaanan yang kami lakukan cukup baik dengan alat yang terstandar. Jadi tidak perlu dikhawatirkan akan terjadi penyelundupan barang seperti narkotika melalui Parcel Locker ini," katanya saat launching Parcel Locker di Gedung Graha Pos Jalan Banda Bandung, Selasa (10/6).

Menurutnya, PT Pos Indonesia lebih dulu mengantisipasi kemungkinan penyalahgunaan produk baru yang diklaim merupakan yang pertama di Indonesia tersebut.

"Mestinya kami yang termasuk paling awal memperhatikan kemungkinan tersebut selama melakukan pengembangan dengan Gunnebo Indonesia selaku pengembang teknologinya," ujarnya.

Di Indonesia, jelas Setyo, Parcel Locker ini baru ada di Gedung Graha Pos Jalan Banda Kota Bandung sebagai pilot project untuk ke depannya bisa juga ditempatkan di kota-kota besar lain di Indonesia.

"Kami akan mengujinya sementara di Graha Pos Jalan Banda ini selama tiga bulan ke depan. Dilihat dulu kekurangannya apa sebelum ditempatkan juga di sentra distrik bisnis lain di Indonesia. Selain itu, kami juga ingin melihat sejauh mana para kebutuhan Parcel Locker ini di Indonesia," tutur dia.

Adapun Parcel Locker merupakan bentuk pengembangan konsep PO Box yang dilengkapi dengan teknologi berupa PIN khusus untuk mengoperasikannya, termasuk pengiriman dan penerimaan barang.

Inovasi ini memungkinkan pelanggan lebih fleksibel dalam mengirim maupun menerima barang bersifat personal atau kerahasiaan tinggi langsung ke pihak yang dituju selama 24 jam selama 7 hari dalam sepekan.

Cara menggunakan Parcel Locker melalui layanan e-POSLocker. Pengguna cukup berkunjung ke situs yang telah disediakan. Setelah itu, pengirim mendatangi Kantor Pos untuk menyimpan barang di loker terpilih dengan menyertakan data diri pengirim dan penerima.

Di saat yang sama, e-POSLocker akan mengirim SMS yang berisi PIN kepada penerima. Penerima dapat mengambil paket tersebut kapanpun di lokasi loker e-POSLocker yang diinformasikan dengan memasukkan PIN, lalu penerima dapat mengambil paket dari loker.

"Kami menginvestasikan dana sekitar Rp1 miliar untuk menyediakan sekitar satu unit Parcel Locker dengan 54 box di Graha Pos di Jalan Banda Bandung ini. Fasilitas ini gratis bagi para tenant yang ada di Graha ini," terang Setyo.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1320 seconds (0.1#10.140)