RI-Malaysia Siap Kerja Sama Kabel Listrik Bawah Laut

Rabu, 18 Juni 2014 - 19:37 WIB
RI-Malaysia Siap Kerja...
RI-Malaysia Siap Kerja Sama Kabel Listrik Bawah Laut
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung kedatangan tamu dari salah satu perusahaan terkemuka di Malaysia, Khazanah National Berhad Malaysia. Pertemuan tersebut guna membahas salah satu pembangunan yang akan dilakukan di Indonesia di bidang kelistrikan.

Menteri yang akrab disapa CT ini akan membangun jaringan kabel bawah laut untuk menghubungkan antara Malaysia dan Sumatera.

"Rencananya, kita dan Malaysia akan membangun kabel bawah laut, yang me-link-kan Sumatera ke Malaysia. Kenapa? Karena jaraknya pendek sekali itu dari Sumatera ke Malaysia dengan akses bawah laut. Dengan begitu, nanti ada kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia untuk saling membantu mengalirkan listrik," ujar dia di kantornya, Jakarta, Rabu (18/6/2014).

CT memaparkan, alasan adanya kegiatan kerja sama ini adalah karena keduanya punya spesifik yang berbeda. "Kalau PLN listrik di Indonesia, beban puncaknya itu terjadi di malam hari. Kalau Malaysia beban puncaknya siang hari. Jadi kalau siang kita bisa jual listrik ke Malaysia, kalau malam, Malaysia yang jual listrik ke Indonesia," ujar dia.

Dengan adanya kerja sama yang demikian, dikatakan CT, itu akan menjadi win-win solution. "Mereka juga sangat berminat terlibat untuk pembangunan jalan tol Trans Sumatera, itu akan terkait nantinya," ungkapnya.

CT menambahkan, pihaknya membuka opportunity juga yang nantinya akan dibicarakan. Opportunity juga karena mereka selalu meminta untuk menyambung Pulau Sumatera dengan Semenanjung Malaysia.

"Yang kita bisa saya katakan ke mereka, kita hanya akan bisa menyambung Sumatera ke Semenanjung Malaysia kalau Sumatera dan Jawa sudah tersambung. Ini juga salah satu yang kita bicarakan. Kalau mereka berminat, ya kita buka juga yang Jawa dan Sumatera tadi," tandas CT.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)