PGN Alokasikan Gas 80 MMSCFD untuk Lampung

Rabu, 25 Juni 2014 - 14:36 WIB
PGN Alokasikan Gas 80 MMSCFD untuk Lampung
PGN Alokasikan Gas 80 MMSCFD untuk Lampung
A A A
JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengalokasikan gas dari PGN FSRU Lampung sebesar 80 MMSCFD untuk mendukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PGN Djoko Saputro menyatakan, jumlah ini bisa ditambah seiring dengan pertumbuhan penggunaan gas di Lampung.

"Pembangunan proyek jaringan gas bumi terintegrasi Lampung ini telah mendapatkan izin prinsip melalui Keputusan Gubernur Lampung No G/743.a/II.06/HK/2011," kata Djoko dalam rilisnya, Rabu (25/6/2014).

Selain Lampung, PGN FSRU Lampung juga akan memasok kebutuhan gas untuk berbagai sektor mulai dari rumah tangga, UKM, industri dan listrik di Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta. PGN FSRU Lampung sendiri memiliki kapasitas regasifikasi sebesar 240 MMSCFD.

Pemerintah Lampung juga sudah mengeluarkan Surat No. 340/2940/111.17/2010 tanggal 23 November 2010 perihal Pemanfaatan Gas PGN di Wilayah Lampung.

PGN FSRU Lampung merupakan salah satu FSRU terbesar di dunia. FSRU adalah sebuah kapal yang dilengkapi fasilitas penampung LNG (gas alam cair) dan peralatan yang mampu mengubah LNG dari bentuk cair ke bentuk gas (proses regasifikasi) untuk kemudian disalurkan ke konsumen melalui jaringan pipa gas sumber pasokan FSRU Lampung dalam tahap awal berasal dari Kilang LNG Tangguh Papua maupun kilang lainnya.

Pada tahun ini, PGN FSRU Lampung memperoleh pasokan gas sebanyak 5 kargo LNG Tangguh. Pada tahun depan, alokasi LNG dari Tangguh tersebut akan meningkat hingga 14 kargo.

Djoko menjelaskan, pembangunan PGN FSRU Lampung merupakan bagian integral dari proyek gas bumi terintegrasi Indonesia yang sedang dibangun dan dikembangkan oleh PGN. Berbeda dengan FSRU yang sudah beroperasi di Indonesia, PGN FSRU Lampung merupakan terobosan karena diintegrasikan dengan jaringan pipa transmisi dan distribusi.

Dengan demikian, dapat digunakan secara luas oleh semua sektor industri, rumah tangga, UKM listrik dan transportasi di berbagai daerah mulai dari Lampung sendiri, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Gubernur Lampung Ridho Ficardo menyambut baik komitmen dan konsistensi PGN dalam mengembangkan infrastruktur gas bumi, khususnya di Lampung dan di wilayah Indonesia lainnya. Ridho menyatakan bahwa dengan adanya gas dari PGN FSRU Lampung dan jaringan pipa gas bumi ini dapat mendukung kemandirian energi di wilayah Lampung.

"Pemprov Lampung akan mendukung upaya PGN untuk terus meningkatkan pemanfaatan gas bumi bagi sektor usaha, UKM, transportasi dan rumah tangga. Melalui penggunaan gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan, kami berharap ekonomi Lampung akan tumbuh lebih tinggi dan mensejahterakan masyarakat," tutur dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4314 seconds (0.1#10.140)