Tiga Pembangkit Listrik di Kaltim Segera Beroperasi

Kamis, 03 Juli 2014 - 16:06 WIB
Tiga Pembangkit Listrik di Kaltim Segera Beroperasi
Tiga Pembangkit Listrik di Kaltim Segera Beroperasi
A A A
KALIMANTAN - Dalam waktu dekat, tiga pembangkit listrik yang ada di Kalimantan Timur (Kaltim) segera beroperasi. Tiga pembangkit ini akan menyuplai jaringan kelistrikan yang masuk dalam Jaringan Sistem Mahakam.

General Manager PLN Kaltim-Kaltara Machnizon Masri menjelaskan, dalam beberapa hari ke depan, unit III, pembangkit swasta milik PT Cahaya Fajar Kaltim akan menambah suplai daya sebesr 50 Megawatt.

Selain itu, akan ada tambahan pasokan dari PLTG Senipah sebesar 2 x 41 Megawatt. PLTG Senipah tinggal menunggu surat dari Kementerian ESDM terkait perjanjian jual beli listrik. PLTG Senipah merupakan kerjasama antara pemerintah daerah Kutai Kartanegara dan pihak swasta.

Sementara, ada PLTU Kariangau yang saat ini dalam proses pembangunan dan bakal segera rampung. Pembangkit yang terletak di Kota Balikpapan ini memiliki daya 2 x 100 Megawatt.

"Sabar saja, ada tiga pembangkit yang akan menyuplai daya buat Sistem Mahakam. Kalau semua sesuai rencana, maka kondisi pasokan listrik kita bakal aman," kata Machnizon, Kamis (3/7/2014).

Dia mengaku daya mampu sistem Mahakam saat ini sekitar 350 megawatt. Sementara beban puncak juga berkisar diangka yang sama, sehingga sering terjadi pemadaman bergilir. Apalagi jika ada pemeliharaan pembangkit, tentu ada pemadaman bergilir.

"Tapi jika tiga pembangkit ini beroperasi, kita punya tambahan daya sekitar 300 megawatt lebih," tambahnya.

Machnizon mengakui jika saat ini masih terjadi pemadaman terutama siang hari. "Siang hari masih ada, karena kita ada pemeliharaan jaringan dan pembangkit. Tapi kalau malam sudah tidak masalah. Kita tunggu saja suplai daya tambahan untuk sistem Mahakam," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4852 seconds (0.1#10.140)