Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Klender Masih Stabil

Selasa, 08 Juli 2014 - 12:03 WIB
Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Klender Masih Stabil
Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Klender Masih Stabil
A A A
JAKARTA - Memasuki minggu ke-2 bulan puasa atau H-20 Lebaran, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berserta jajarannya hari ini melakukan pemantauan langsung harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Klender SS, Jakarta Timur.

“Kunjungan hari ini merupakan rangkaian dari program pemerintah untuk menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok masyarakat khususnya bulan puasa dan Lebaran ,” ujarnya seperti dalam rilis Kemendag, Selasa (8/7/2014).

Berdasarkan hasil pantauan di Pasar Tradisional Klender SS per 7 Juli 2014 dibandingkan Jumat lalu, 4 Juli 2014, harga barang kebutuhan pokok masih terpantau stabil.

Lutfi mengatakan, khusus untuk harga komoditas pangan segar hortikultura yang pada Lebaran tahun lalu mengalami kenaikan signifikan, saat ini justru cenderung stabil karena banyaknya pasokan dari sentra produksi.

Beberapa komoditas seperti cabe merah keriting, cabe merah besar, dan cabe rawit merah harganya berkisar antara Rp15.000-Rp20.000/kg, sedangkan harga bawang merah dan bawang putih juga terpantau stabil masing-masing sebesar Rp25.000/kg dan Rp20.000/kg.

Demikian pula, sambungnya, untuk komoditas lainnya seperti beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, kedelai, daging sapi, daging ayam, dan telur ayam ras harganya terpantau relatif stabil.

“Meskipun harga kebutuhan relatif stabil, namun perlu terus diwaspadai seiring dengan kenaikan permintaan masyarakat yang cukup signifikan terutama menjelang Lebaran nanti. Tidak menutup kemungkinan akan terjadi kenaikan harga barang kebutuhan pokok, namun diharapkan kenaikan tersebut masih dalam batas normal karena ketersediaan pasokan barang kebutuhan pokok dipastikan aman hingga lebaran ,” pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8010 seconds (0.1#10.140)