Pemerintah Batasi Pasokan Jeroan Sapi

Sabtu, 12 Juli 2014 - 16:11 WIB
Pemerintah Batasi Pasokan Jeroan Sapi
Pemerintah Batasi Pasokan Jeroan Sapi
A A A
SUBANG - Banyaknya pasokan oval/jeroan ilegal yang tidak semestinya masuk ke Indonesia membuat beberapa pihak ikut mengawasi perdagangan jeroan sapi di Indonesia. Pasalnya, hanya beberapa jenis jeroan yang mendapat izin dagang di Indonesia.

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan, bahwa pihaknya turut mengawasi hal tersebut dengan melakukan pengecekan dan mempelajari secara berkelanjutan mengenai jeroan yang masuk ke Indonesia.

"Kami masih melakukan pengecekan, karena sekarang proses perizinan, perizinan tersebut praktis ada di ranah Kementerian Perdagangan. Kita di Kementan hanya sebatas memeriksa dan memastikan aspek kesehatan hewan. Jadi nanti kita pelajari, sejauh mana, apakah ini volume yang terlalu banyak, atau sesungguhnya hanya sekedar isu," ujar dia saat peninjauan Rumah Potong Hewan di Subang, Sabtu (12/7/2014).

Suswono mengakui bahwa dalam penjualannya, pemerintah membatasi hanya sekitar 20% untuk jeroan tersebut dan kategorinya hanya untuk jeroan hati dan jantung. Tidak berlaku untuk paru, usus, bahkan babat.

"Jadi ini yang mesti dicatat, jeroan hanya terbatas dua itu saja, jadi bukan yang lain. Ini yang kadang-kadang orang keliru. Kalau babat tidak termasuk. Tidak ada izin untuk babat," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7222 seconds (0.1#10.140)