Kadin Dukung Program Tol Laut

Senin, 14 Juli 2014 - 14:08 WIB
Kadin Dukung Program Tol Laut
Kadin Dukung Program Tol Laut
A A A
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai bahwa konektivitas nasional berbasis maritim base untuk menunjang pergerakan dan pertumbuhan ekonomi daerah belum berjalan.

Hal tersebut diperkirakan akan berdampak kepada tidak efisiennya ekonomi nasional. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pemberdayaan Ekonomi Daerah, Natsir Mansyur menyebutkan, dampak-dampaknya antara lain angkutan barang dari pulau ke pulau mahal, daya saing lemah.

Selain itu, tingginya biaya logistik, bahkan Inpres No 26/2013 tentang Sistem Logistik Nasional (Sislognas) berjalan lambat.

"Indonesia sebagai negara kepulauan perlu diperkuat konektivitas berbasis maritim yang ditunjang dengan sarana kapal yang melayari laut jarak pendek menghubungkan satu pulau dengan pulau lain (short sea shipping)," ungkap Natsir dalam rilisnya di Jakarta, Senin (14/7/2014).

Kadin, kata dia, mendukung program tol laut akan berperan penting, karena berdampak luas terhadap pergerakan ekonomi daerah.

Namun, program tersebut perlu didukung sarana kapal kapasitas menengah 5.000 DWT yang diperkirakan kebutuhannya mencapai 500 unit yang terdiri dari kapal migas, curah/bulk, pangan, perkebunan, ternak, cargo serta pelabuhan.

"Di samping itu kapal-kapal yang melayari perairan Indonesia relatif tua, usianya di atas 15 tahun. Sehingga pengoperasiannya kurang efisien," kata Natsir.
Pihaknya berharap untuk menunjang program tol laut dapat dijadikan sebagai konektivitas berbasis maritim untuk melayari jarak pendek (short sea shipping).

Dalam hal ini, pihaknya mengimbau agar Kementerian terkait perlu lebih serius, karena program ini dapat menghidupkan pergerakan dan pertumbuhan ekonomi daerah, menjadi lebih efisien. Serta memantapkan persiapan Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4373 seconds (0.1#10.140)