Transaksi Penerimaan Wesel Pos di Kendal Naik 25%

Rabu, 16 Juli 2014 - 16:49 WIB
Transaksi Penerimaan...
Transaksi Penerimaan Wesel Pos di Kendal Naik 25%
A A A
KENDAL - Transaksi penerimaan kiriman wesel di Kantor Pos Kendal, Jawa Tengah (Jateng) meningkat 25%. Karena, masyarakat Kabupaten Kendal banyak yang bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Tenaga Kerja Wanita (TKW).

Kepala Kantor Pos Kendal, Adi Cahyadi mengatakan, penerimaan kiriman wesel yang masuk ke Kantor Pos Kendal mencapai sekitar 9.800 transaksi. Sampai pekan kedua Ramadan sudah 5.000 traksaksi ke penerima.

"Kalau bulan lalu sebelum Ramadan, kiriman wesel yang masuk ke Kantor Pos Kendal sekitar 8.000 transaksi. Ini berarti ada peningkatan sekitar 25%," ujarnya, Rabu (16/7/2014).

Menurutnya, peningkatan transaksi penerimaan kiriman wesel lantaran warga yang bekerja di luar negeri banyak yang mengirimkan uang kepada keluarganya yang ada di kampung halaman.

"Kabupaten Kendal merupakan daerah yang cukup banyak mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri, jadi tiap Ramadan atau menjelang Lebaran banyak yang mengirim uang kepada keluarganya di kampung halaman," lanjutnya.

Peningkatan volume transaksi juga terjadi pada kiriman paket, yang dimungkinan merupakan paket Labaran mencapai 20%.

"Sejak memasuki Ramadan volume transaksi mulai meningkat, bukan hanya transaksi penerimaan tapi juga pengiriman," papar dia.

Pihaknya memperkirakan peningkatan volume transaksi akan masih bertambah sampai Lebaran. Sebab, selain paket Lebaran dan wesel, sejumlah instansi pemerintah maupun swasta masih berkirim kartu ucapan selamat Lebaran.

"Ya, di Kabupaten Kendal masih banyak yang menggunakan kartu ucapan selamat Lebaran untuk dikirim ke kerabat, rekan maupun instansi lain," imbuhnya.

Salah seorang warga Brangsong, Kumaidi mengaku mengambil kiriman wesel dari ibunya yang bekerja di Malaysia yang sudah bekerja di Malaysia sejak 18 bulan lalu.

"Kebetulan Lebaran tahun ini belum bisa pulang. Kabar ibu, beliau baru bisa pulang tiga sampai empat bulan lagi. Untuk itu, sebagian rejekinya dikirim ke rumah melalui wesel," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0751 seconds (0.1#10.140)