Jasa Marga Klaim Kecelakaan di Tolnya Turun 50%

Selasa, 05 Agustus 2014 - 11:26 WIB
Jasa Marga Klaim Kecelakaan di Tolnya Turun 50%
Jasa Marga Klaim Kecelakaan di Tolnya Turun 50%
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengungkapkan, pada masa Lebaran tahun 2014 ini, jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan tol yang dikelola Jasa Marga (JSMR) mengalami penurunan sebesar 50%.

Jika pada H-7 sampai dengan H+5 tahun 2013, jumlah kecelakaannya mencapai 51 kejadian, maka pada periode yang sama pada tahun ini hanya 25 kejadian.

Direktur Operasi Jasa Marga Hasanudin mengatakan, dengan penurunan angka kecelakaan sebesar 50%, maka jumlah korban yang meninggal dunia juga mengalami penurunan. Jika pada tahun 2013 periode tersebut terdapat tujuh orang meninggal dunia, maka pada 2014 ini, dari 25 kejadian kecelakaan jumlah korban yang meninggal hanya satu orang.

"Kami akan terus berupaya agar jumlah kecelakaan di jalan tol, khususnya pada saat arus mudik dan balik Lebaran bisa terus menurun," kata Hasanudin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/8/2014).

Hasanudin menambahkan, penurunan angka kecelakaan ini tidak lepas dari kerja keras para petugas Jasa Marga yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam mengatur arus lalu lintas selama 24 jam, khususnya pada saat arus puncak mudik maupun balik.

Di samping itu, kesadaran pengemudi untuk beristirahat pada saat mengalami kelelahan juga menjadi faktor menurunnya jumlah kecelakaan. Hal ini bisa terlihat dari seluruh rest area yang ada di jalan tol selalu dipadati pemudik pada saat kepadatan arus lalu lintas terjadi.

"Dengan beristirahat sejenak di rest area, dapat mengembalikan kondisi fisik pengemudi sehingga bisa lebih segar pada saat mengemudikan kendaraannya kembali," ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut Hasanudin, upaya Jasa Marga untuk menurunkan angka kecelakaan ini juga sudah dilakukan sebelum arus mudik dimulai. Menurut dia, pada H-10 Jasa Marga sudah melakukan himbauan kepada pengguna jalan tol agar tetap waspada selama mengemudikan kendaraannya.

Adapun, lanjut Hasanudin, himbauan ini disampaikan dalam bentuk spanduk yang dipasang di sepanjang jalan tol juga melalui media massa, baik cetak maupun elektronik. "Kami menghimbau kepada para pemudik agar menyiapkan kendaraannya dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan tol," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9640 seconds (0.1#10.140)