ANTAM Siap Kelola Tambang Newmont

Selasa, 05 Agustus 2014 - 18:58 WIB
ANTAM Siap Kelola Tambang Newmont
ANTAM Siap Kelola Tambang Newmont
A A A
JAKARTA - PT ANTAM (persero) Tbk menyatakan siap mengambil alih pengelolaan tambang batu hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dikelola perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS), PT Newmont Nusa Tenggara (NNT).

“Kami siap, tapi tetap ada business attitude. Masalah pendanaan itu nanti karena yang lagi deal sekarang pemerintah,” tutur Direktur Utama ANTAM Tato Miraza di Jakarta Selasa, (5/8/2014).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebelumnya menyatakan akan memutus (terminasi) kontrak karya (KK) NNT jika tidak mencabut gugatannya terhadap pemerintah Indonesia ke arbitrase internasional. Newmont yang memiliki KK pertambangan mengelola tambang emas dan tembaga Batu Hijau di NTB telah mengajukan gugatan ke arbitrase internasional awal Juli 2014.

Presiden Direktur NNT Martiono Hadianto sebelumnya mengatakan telah melakukan berbagai upaya terbaik selama enam bulan terakhir untuk menyelesaikan isu ekspor melalui komitmen atas dasar niat baik untuk mendukung kebijakan pemerintah. Namun, pihaknya belum dapat meyakinkan pemerintah bahwa kontrak karya berfungsi sebagai rujukan dalam menyelesaikan perbedaan yang ada.

“Karena itu, Newmont dan para pemegang saham tidak ada pilihan lain dan terpaksa mengupayakan penyelesaian masalah ini melalui arbitrase internasional guna memastikan bahwa pekerjaan-pekerjaan, hak-hak, serta kepentingankepentingan para pemangku kepentingan perusahaan terlindungi,” tutur dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7449 seconds (0.1#10.140)