Ekonomi RI Triwulan II Terpengaruh Kontraksi Ekspor

Kamis, 14 Agustus 2014 - 15:23 WIB
Ekonomi RI Triwulan II Terpengaruh Kontraksi Ekspor
Ekonomi RI Triwulan II Terpengaruh Kontraksi Ekspor
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia dari sisi domestik pada triwulan II/2014 melambat. Ini dipengaruhi oleh kontraksi pertumbuhan ekspor, khususnya komoditas berbasis sumber daya alam.

"Pertumbuhan ekonomi triwulan II/2014 tercatat 5,12% (yoy), melambat dibandingkan pertumbuhan ekonomi triwulan I/2014 sebesar 5,22% (yoy). Perlambatan tersebut disebabkan masih lemahnya kinerja ekspor komoditas sumber daya alam, seperti batu bara, CPO, dan mineral," ujarnya usai RDG bulanan di Gedung BI, Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Menurutnya, hal tersebut tampak dari perkembangan ekonomi regional. Di mana perlambatan ekonomi pada triwulan II/2014, berasal dari melambatnya ekonomi di beberapa daerah basis produksi komoditas tambang dan perkebunan, seperti Sumatera dan Kalimantan.

"Dari sisi permintaan domestik, perlambatan pertumbuhan ekonomi terutama bersumber dari terkontraksinya belanja pemerintah, akibat penangguhan bantuan sosial dan melambatnya kegiatan investasi nonbangunan," kata dia.

Namun, lanjut dia, untuk pertumbuhan ekonomi triwulan II/2014 masih mendapat dukungan dari kinerja konsumsi rumah tangga yang cukup kuat. Antara lain terkait aktivitas pemilu dan terjaganya daya beli masyarakat sejalan dengan tingkat inflasi yang menurun.

Ke depan, pertumbuhan ekonomi diperkirakan masih termoderasi, terutama menurunnya permintaan domestik, walaupun kinerja ekspor diperkirakan semakin membaik.

"Secara keseluruhan pada 2014, pertumbuhan diperkirakan masih sesuai dengan perkiraan BI sebelumnya dalam kisaran 5,1%-5,5% dengan kecenderungan menuju batas bawah," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7179 seconds (0.1#10.140)