Pemerintah Baru Diminta Maksimalkan DEN

Selasa, 19 Agustus 2014 - 14:51 WIB
Pemerintah Baru Diminta Maksimalkan DEN
Pemerintah Baru Diminta Maksimalkan DEN
A A A
JAKARTA - Dewan Energi Nasional (DEN) meminta pemerintahan baru harus memaksimalkan keneradaan DEN untuk menerapkan Kebijakan Energi Nasional (KEN).

Anggota DEN Rinaldy Dalimi mengatakan, DEN sudah mempersiapkan kebijakan-kebijakan di sektor energi untuk pemerintahan baru.

"Kita sudah mempersiapkan dengan mengumpulkan semua stakeholder agar bisa disampaikan kepada pemerintahan ke depan. Karena presiden terpilih secara otomatis menjadi ketua DEN," ujar dia di kantornya, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Rinaldy menjelaskan, siapapun presiden dan wakil presiden berikutnya, pertama adalah pemerintah harus mempunyai terobosan-terobosan baru untuk penerapan kebijakan energi nasional.

Kedua, pemerintah baru seharusnya memanfaatkan DEN. "Karena DEN anggotanya ada tujuh menteri dan delapan stakeholder. Karena, ini yang akan menjadi faktor penentuan kebijakan energi ke depan. Seharusnya DEN menjadi pendamping pemerintahan ke depan," ujarnya.

Ketiga, lanjut dia, masyarakat bisa meminta DEN untuk menjadi penyalur masukan-masukan dari masyarakat kepada pemerintah.

Terakhir, jika Kebijakan Energi Nasional dilaksanakan dengan tepat, maka akan mencapai kemandirian energi dan kedaulatan energi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5876 seconds (0.1#10.140)