Dukung Transisi Energi, BAg Raih 2 Penghargaan dari DEN

Rabu, 25 Oktober 2023 - 11:22 WIB
loading...
Dukung Transisi Energi, BAg Raih 2 Penghargaan dari DEN
PT BAg meraih penghargaan dari DEN atas komitmen perusahaan dalam program transisi energi. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pelayaran Bahtera Adhiguna (BAg) meraih penghargaan dari Dewan Energi Nasional (DEN) atas komitmen perusahaan dalam program transisi energi. Anugerah DEN tersebut dilaksanakan dalam rangkaian event Energy Transition Conference & Exhibition (ETCE) 2023.

"Penghargaan ini adalah bukti dari komitmen tidak hanya untuk kelangsungan bisnis perusahaan tetapi juga untuk sustainability lingkungan," ujar Direktur Utama PT BAg Tri Susanto dalam keterangan tertulis, Rabu (25/10/2023).

ETCE sendiri digelar sebagai upaya dari DEN untuk mendorong percepatan transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE) pada 2060. Anugerah diperuntukkan bagi perusahaan, daerah, dan tokoh yang peduli terhadap transisi energi.

BAg memperoleh 2 penghargaan sekaligus, yaitu sebagai perusahaan pengangkutan yang peduli dekarbonisasi dan The most favorite company in the transition program.



Tri menyampaikan, sebagai bagian dari ekosistem PLN Group dan bagian dari Subholding PLN Energi Primer Indonesia, BAg akan mendukung implementasi dan berkomitmen terhadap transisi energi nasional. Dalam rencana bisnis perusahaan, BAg tidak hanya mengangkut energi primer batu bara saja, tetapi juga gas dan biomassa seperti sawdust dan sebagainya untuk mendorong program transisi energi.

Dari sisi operasional, BAg juga telah menggunakan onshore charging sebagai pengganti dari kerja Auxilary Engine (AE) yang berbahan bakar BBM untuk operasi pembongkaran muatan. Keuntungan menggunakan onshore charging adalah dapat mengurangi emisi gas buang Kapal, optimalisasi biaya pemeliharaan dan dukungan dalam implementasi Green Port.



Dia menambahkan, dari aspek operasional lainnya, BAg juga telah menggunakan BBM low sulfur dan B35 untuk pengurangan emisi gas buang kapal. Tri berharap penghargaan ini akan memberikan semangat bagi BAg dan stakeholder untuk melakukan value creation dalam bisnis operasional perusahaan yang berkelanjutan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1055 seconds (0.1#10.140)