Perajin Genteng Terganggu Kelangkaan Solar

Kamis, 28 Agustus 2014 - 14:31 WIB
Perajin Genteng Terganggu Kelangkaan Solar
Perajin Genteng Terganggu Kelangkaan Solar
A A A
JOMBANG - Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar di Jombang, Jawa Timur (Jatim) terjadi sejak dua hari terakhir. Kondisi ini membuat usaha kerajinan genteng di sentra kerajinan genteng daerah ini macet.

Tidak hanya terpaksa mengurangi kapasitas produksi, sebagian perajin kini juga tidak bisa mengirim pesanan genteng ke berbagai kota sebab beberapa truk mereka kesulitan mendapatkan solar dan tidak dapat beroperasi.

Nanang, salah satu perajin genteng di wilayah ini mengatakan, hanya sebagian para perajin genteng yang masih berusaha bertahan dengan sisa stok solar yang dimiliki.

Menurutnya, solar menjadi sangat penting karena dipakai untuk bahan bakar mesin penggiling tanah, bahan bakar untuk truk pengangkut genteng dan pelumas bagi alat pencetak genteng (agar tanah tidak lengket).

Nang mengaku sudah dua hari usaha genteng yang digelutinya tidak dapat produksi. "Sudah dua hari ini tidak berproduksi," ucapnya, Kamis (28/8/2014).

Puluhan ribu stok genteng yang dimiliki juga terpaksa tidak dapat dikirim ke para pelanggannya di berbagai kota. Karena, dua buah truk miliknya kini mangkrak dan tidak dapat jalan akibat tidak mendapatkan solar.

Nanang dan para perajin genteng di Kabupaten Jombang mendesak pemerintah segera menormalkan pasokan solar di berbagai daerah agar usaha mereka dapat kembali berjalan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5292 seconds (0.1#10.140)