Indonesia Diharapkan Berhasil Negosiasi Harga Karet Dunia

Kamis, 28 Agustus 2014 - 15:56 WIB
Indonesia Diharapkan Berhasil Negosiasi Harga Karet Dunia
Indonesia Diharapkan Berhasil Negosiasi Harga Karet Dunia
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi IV DPR, Habib Nabiel Almusawa berharap delegasi Indonesia berhasil mengemban misi diplomasi (negosiasi) bertemu dengan organisasi karet internasional dan negara-negara produsen karet dunia agar harga kembali stabil.

”Untuk menstabilkan harga, produsen karet dunia perlu membuat kesepakatan untuk mengurangi pasokan ke pasar dunia. Bila pengurangan pasokan tidak juga bisa menstabilkan harga. maka tidak ada salahnya bila disepakati opsi moratorium pasokan karet sementara sampai harga kembali menguntungkan bagi petani,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Kamis (28/8/2014).

Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah membentuk Task Force Karet Nasional (TFKN) guna mengatasi anjloknya harga karet dunia. Untuk hal tersebut, TFKN diberi tugas melobi organisasi karet internasional, yaitu International Tripartite Rubber Council (ITRC) dan International Rubber Consortium (IRCo), serta mengadakan pembicaraan dengan negara-negara produsen utama karet, seperti Thailand dan Malaysia.

Harga sekarang, menurut Habib, telah membuat petani karet lesu. Banyak petani yang berhenti menderes karet karena penghasilan yang diperoleh tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup.

Mereka beralih menekuni sayuran dan padi atau mencari pekerjaan lain, seperti bekerja di perkebunan sawit yang penghasilannya lebih menjanjikan. Dampaknya, banyak pabrik pengolahan karet kekurangan bahan baku dan terpaksa mengurangi produksi. Bahkan, ada yang tutup. "Akibatnya, banyak pegawai pabrik yang dirumahkan,” imbuhnya.

Pada awal (Februari) 2013, harga karet dunia di bursa Tokyo Commodity Exchange (Tocom) sempat mencapai angka tertinggi 530,6 yen per kg atau USD6.349 per metrik ton. Di awal 2014 (Januari) harga jatuh ke angka 261,50 yen per kilogram (US$2.517 per ton). Sementara saat ini harga bergerak di kisaran 196,4 – 199,5 yen per kg.

“Kalau menjual sekarang rugi, untuk memulihkan harga opsi moratorium pasokan karet ke pasar dunia perlu dipertimbangkan untuk disepakati oleh semua negara produsen,” tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6629 seconds (0.1#10.140)