Lebih Agresif, Reksa Dana Saham Tumbuh Tertinggi

Minggu, 07 September 2014 - 11:19 WIB
Lebih Agresif, Reksa...
Lebih Agresif, Reksa Dana Saham Tumbuh Tertinggi
A A A
JAKARTA - Kinerja reksa dana saham dari sisi imbal hasil (return) rata-rata yang diberikan hingga delapan bulan pertama tahun ini mencatat kinerja tertinggi dibanding reksa dana jenis lainnya dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Berdasarkan data PT Infovesta Utama, kinerja rata-rata reksa dana saham hingga akhir Agustus tercatat memberikan return sebesar 23,71%. Kinerja tersebut mengungguli kinerja rata-rata IHSG, yang hanya 20,18%, reksa dana campuran dengan return rata-rata 14,22% dan pendapatan tetap yang memberikan return rata-rata 4,95%.

Analis Riset PT Infovesta Utama Vilia Wati mengatakan, kinerja reksa dana saham yang mampu mencatatkan kinerja di atas IHSG secara year to date (ytd) ditopang oleh pergerakan reksa dana saham yang cenderung lebih agresif dibandingkan dengan IHSG, sehingga pada saat bursa menanjak, reksa dana saham cenderung naik lebih kencang.

"Kedua, adanya fleksibilitas manajer investasi dalam melakukan alokasi aset, seperti perubahan alokasi bobot pada efek saham maupun pasar uang, juga pemilihan sektor dan saham dan dianggap potensial, melakukan rotasi sektor menurut kami juga menjadi faktor unggulnya kinerja reksa dana," kata dia kepada Sindonews, baru-baru ini.

Sementara, dia menambahkan, kinerja IHSG dipengaruhi oleh kinerja seluruh saham yang tercatat di bursa efek. Vilia memperkirakan, kinerja reksa dana saham hingga penghujung tahun ini masih akan lebih unggul dibanding IHSG ditopang masih adanya potensi penguatan bursa saham, meski relatif terbatas.

Jika dibanding periode delapan bulan tahun lalu, kinerja reksa dana sepanjang delapan bulan tahun ini membukukan kenaikan lebih tinggi. Pasalnya, pasar saham dan obligasi pada pertengahan tahun lalu mengalami koreksi. Sedangkan tahun ini, pasar saham dan obligasi yang lebih baik.

Adapun kinerja rata-rata reksa dana saham sepanjang delapan bulan tahun lalu tercatat memberikan return minus 4,11%, dengan kinerja rata-rata IHSG minus 2,82%. Sementara kinerja rata-rata reksa dana campuran mencatat minus 2,46 dan pendapatan tetap minus mencapai 5,81%.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0279 seconds (0.1#10.140)