Tingkatkan Pasar Modal, Pemerintah Harus Lakukan Ini

Kamis, 18 September 2014 - 11:54 WIB
Tingkatkan Pasar Modal, Pemerintah Harus Lakukan Ini
Tingkatkan Pasar Modal, Pemerintah Harus Lakukan Ini
A A A
JAKARTA - Pemerintah baru diharapkan harus melakukan langkah konkret agar dunia pasar modal menjadi lebih baik dan tidak terpaku pada gejolak ekonomi.

Head of Indonesia Research at Citigroup Securities Indonesia Ferry Wong mengatakan, kondisi perekonomian Indonesia saat ini sedang sulit, sehingga mempengaruhi kondisi pasar modal domestik.

"Menurut saya, ada yang harus dilakukan pemerintah kita saat ini, yang utama adalah kenaikan bahan bakar minyak (BBM). Ini masih digembar-gemborkan di luar sana, siapa yang akan menaikkan? Naikkan saja BBM-nya, sehingga negara tidak perlu membayar untuk subsidi BBM," ujar dia di Ritz Carlton Hotel Jakarta, Kamis (18/9/2014).

Langkah selanjutnya, menurut Ferry adalah melakukan pembangunan infrastruktur. Diharapkan realisasi pembangunan secara penuh bisa dilakukan pada Januari 2015.

"Perlu ada showcase bahwa pemerintah bisa mengambil lahan untuk pembangunan infrastruktur," ujar dia.

Ferry menilai, dengan adanya pembangunan infrastruktur, maka akan memperbaiki kondisi ekonomi Indonesia, yang akan berdampak positif pada meningkatnya industri pasar modal di Tanah Air.

"Kemudian ada dua hal yang penting juga untuk medium term. Oil and gas perlu diperbaiki, jadi orang mau investasi," ujarnya.

Kendati demikian, dia mengatakan, hal ini harus menunggu formasi kabinet baru, yang berfokus pada energi sebagai pilar transportasi keuangan Indonesia yang bakal mendongkrak ekonomi Indonesia jadi lebih baik.

"Kita tunggu lima jabatan penting di energi, transportasi keuangan. Bagusnya kalau menurut saya, taruhlah profesional dan teknokrat. Biasanya kan ESDM dan transportasi keuangan itu biasanya partai politik. Sekarang boleh ditaruh dua orang profesional," ujar dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3232 seconds (0.1#10.140)