Menteri BUMN Harus Profesional Murni

Selasa, 23 September 2014 - 19:37 WIB
Menteri BUMN Harus Profesional Murni
Menteri BUMN Harus Profesional Murni
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) Jilid I, Sofyan Djalil menuturkan, saat ini persoalan yang dihadapi perusahaan berpelat merah tidaklah mudah.

Sebab itu dia mengatakan, Menteri BUMN pada Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) mendatang haruslah dari kalangan profesional murni. Yang paham dan mengerti seluk beluk BUMN, sehingga mengurangi beban.

"Karena apabila orang yang tepat mengelola masalah, akan lebih mudah dibanding orang yang tidak tepat. Kalau orang yang professional kan dia punya pengalaman yang banyak, sehingga akan lebih cepat menghadapi masalah," ujar dia di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (23/9/2014).

Lebih lanjut dia mengatakan, permasalahan di perusahaan BUMN sangatlah rumit. Terlebih tahun depan, Indonesia akan menghadapi ASEAN Economic Community (AEC).

"Ya itu juga salah satu tantangan menghadapi AEC ini. Maka tantangan bagi pemerintah itu berat sekali kedepan. Infrastruktur kita yang jadi masalah, ekonomi kita yang belum pasti. Ini jadi tantangan bagi pemerintahan jokowi. Ini tidak ringan," jelas dia.

Kendati demikian, lanjutnya, pada masa kepemimpinan Dahlan Iskan, BUMN telah menunjukkan progres yang cukup bagus. "Bisnis itu kan berkembang terus, jadi selalu ada yang berubah. Selama lima tahun terakhir banyak kemajuannya. Tetapi tantangan BUMN seperti perusahaan lain tentu selalu harus menyesuaikan diri dengan kondisi yang makin berubah kini," tandas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5170 seconds (0.1#10.140)