Pemerintah Hentikan Pembagian Converter Kit Gratis

Jum'at, 26 September 2014 - 16:10 WIB
Pemerintah Hentikan Pembagian Converter Kit Gratis
Pemerintah Hentikan Pembagian Converter Kit Gratis
A A A
JAKARTA - Pemerintah menegaskan telah menghentikan pembagian converter kit secara gratis kepada sejumlah kendaraan angkutan umum.

Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT), Kementerian Perindustrian Budi Darmadi menuturkan bahwa kementerianya merupakan regulator yang berfungsi mendorong konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

"Kami itu kan fungsinya regulator. Kami hanya mendorong konversi BBM ke BBG. Saat ini kami memang tidak membagikan converter kit gratis," ujar Budi di Gedung DPR, Jumat (26/9/2014).

Menurutnya, kementeriannya memang memiliki program khusus dalam membagikan converter kit gratis kepada sejumlah angkutan umum. Kebijakan ini telah diterapkan pada empat tahun lalu. Dalam menyalurkan converter kit gratis tersebut, Kemenperin bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dalam kerja sama ini, pihaknya mengklaim telah membagikan puluhan ribu converter kit kepada angkutan umum. "Itu sudah tiga atau empat tahun yang lalu. Dan sudah puluhan ribu converter kit yang sudah kami bagikan kepada angkutan umum," ujar dia.

Melalui kebijakan ini, fungsi dan tugas Kementeriannya agar memacu industri agar merealisasikan pabrik converter kit. Dia mengklaim sektor industri ini telah terbangun di dalam negeri.

"Kami bagikan converter kit gratis biar industri yang bikin alat konversi itu jalan. Toh, saat ini sudah ada perusahaan lokal yang bisa bikin converter kit," ucap Budi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7330 seconds (0.1#10.140)