Dahlan: PTPN VII Siap IPO Tahun Depan

Kamis, 02 Oktober 2014 - 15:34 WIB
Dahlan: PTPN VII Siap...
Dahlan: PTPN VII Siap IPO Tahun Depan
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan, PT Perkebunan Nusantara VII (PTPN VII) dirasa paling siap untuk melakukan aksi korporasi pelepasan saham perdana atau initial public offering (IPO).

"Tentu yang sudah siap IPO itu PTPN VII karena kebutuhan dananya mendesak. PTPN VII mempunyai utang Rp5 triliun untuk biaya menanam sawit dalam jumlah besar, sehingga akan menghasilkan dalam 1-2 tahun ini," kata Dahlan usai menghadiri peresmian BUMN Perkebunan dan BUMN Kehutanan di Kantor PTPN XI, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/10/2014).

PT Perkebunan Nusantara III (Persero) ditunjuk sebagai holding BUMN perkebunan. Sedangkan Perum Perhutani ditunjuk sebagai holding BUMN Kehutanan.

"Kalau untuk holding BUMN perkebunan, yaitu PTPN III jangan dulu IPO karena dananya lebih dibutuhkan PTPN VII untuk membayar bunga (dari utang) dan cicilan begitu besar hingga ratusan miliar, lebih baik digantikan dengan dana masyarakat luas," ujar mantan bos PT PLN itu.

Lebih lanjut Dahlan menambahkan, dengan perolehan dana segar melalui IPO, maka PTPN VII diharapkan bisa mendongkrak perolehan laba perseroan. Hal ini juga otomatis akan mendorong laba holding BUMN perkebunan.

"Saya kira paling tepat tahun depan (IPO), saya juga optimis (DPR akan setuju) karena ini kan untuk kemajuan bersama, tidak untuk keuntungan salah satu pihak," tambahnya.

Menurut Dahlan, selain kebutuhan dana akibat utang sebesar Rp5 triliun, PTPN VII juga dinilai telah memenuhi syarat neraca keuangan yang positif dalam tiga tahun terakhir. Meski demikian, karena belum dibentuknya holding BUMN perkebunan menyebabkan keuntungan yang diperoleh perseroan masih kecil.

(Baca: Holding BUMN Perkebunan dan Kehutanan Diresmikan)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0531 seconds (0.1#10.140)