Tiga Developer Masuk dalam Proyek Tanggul Laut Raksasa

Jum'at, 03 Oktober 2014 - 19:48 WIB
Tiga Developer Masuk dalam Proyek Tanggul Laut Raksasa
Tiga Developer Masuk dalam Proyek Tanggul Laut Raksasa
A A A
JAKARTA - Deputi Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Sarwo Handayani mengungkapkan, terdapat tiga developer yang masuk mengajukan diri meneruskan pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall.

Ketiga developer tersebut akan melanjutkan sisa pembangunan proyek sepanjang 22 kilometer (km), yaitu tahap kedua dan ketiga dari total 33 km.

"Sudah ada beberapa nama yang akan join, yakni PT Jaya Ancol, PT Jakarta Properti dan PT Agung Sedayu Group," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Sementara itu, Menko bidang Perekonomian Chairul Tandjung menuturkan, sepanjang 8 km dari tanggul di Teluk Jakarta ini akan dibangun oleh pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta. Namun, untuk penyelesaian pembangunan tahap berikutnya akan dilibatkan pihak swasta.

"Sisanya yang 33 km dari 8 km akan dibangun oleh pengembang (developer)," ucapnya.

Lebih lanjut, dia menerangkan, hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada para developer untuk melakukan reklamasi tanah-tanah di lepas pantai.

"Reklamasi di lepas pantai dari bendungannya tadi yang berjarak 300 km. Tadi juga disepakati developer diberi kesempatan bangun bendungan terlebih dahulu sebelum tahap pengerukan. Sehingga, dalam tiga tahun dipastikan, bendungan ini dapat tahan air," papar CT.

Seperti diketahui, giant sea wall ditargetkan rampung pada 2030. Pemerintah akan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan tahap pertama pada 9 Oktober 2014.

(Baca: Proyek Tanggul Laut Raksasa Butuh Dana Rp500 Triliun)
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5558 seconds (0.1#10.140)