Ini Cara Agar Jakarta Tidak Tenggelam

Kamis, 09 Oktober 2014 - 18:04 WIB
Ini Cara Agar Jakarta Tidak Tenggelam
Ini Cara Agar Jakarta Tidak Tenggelam
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mengatakan, pembangunan tanggul raksasa di Jakarta bagian utara untuk menanggulangi banjir, sangat membantu.

Pasalnya, jika ditilik dari permasalahan yang ada selama ini, Jakarta merupakan wilayah yang rawan banjir jika musim hujan tiba. Yang menjadi sasaran adalah pemukiman-pemukiman padat penduduk.

"Jakarta adalah ibu kota kita, pasti pemerintahan dan ekonominya berpusat di sini. Bayangkan kalau Jakarta setiap tahun tanahnya turun dan air laut naik. Daerah tenggelam akibat air laut juga pasti bertambah," ujarnya di Jakarta Utara, Kamis (9/10/2014).

CT menyebutkan, survei dan analisa menunjukkan bahwa jika Jakarta tidak melakukan apa-apa, maka lambat laun, Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia dan pusat pemerintahan, akan tenggelam.

"Kalau kita di sini hanya diam saja, sebagian dari ibu kota negara kita (Jakarta) dan Monas pada 2050 akan tenggelam, kena banjir dan karena turunnya permukaan tanah yang turun serta naiknya air laut," terang dia.

Atas adanya tanggul raksasa yang diresmikan hari ini, CT berharap dapat menanggulangi masalah yang terjadi di Jakarta terutama untuk Jakarta kawasan utara.

"Doakan saja, ini baru tahap A, masih ada beberapa tahap lagi yang akan kita kerjakan," tandasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6227 seconds (0.1#10.140)