Pemancangan Tiang Pertama Tol Manado-Bitung Diresmikan

Minggu, 12 Oktober 2014 - 23:28 WIB
Pemancangan Tiang Pertama Tol Manado-Bitung Diresmikan
Pemancangan Tiang Pertama Tol Manado-Bitung Diresmikan
A A A
MANADO - Pemerintah meresmikan pemancangan tiang pertama atau groundbreaking Tol Manado-Bitung untuk segmen I Manado Ring Road-Airmadidi dengan total panjang 12,5 kilometer (km).

Tahap awal groundbreaking akan dikerjakan sepanjang 600 meter dengan nilai kontrak Rp44,63 miliar.

Hadir dalam groundbreaking, Menteri Koordinator dan Bidang Perekonomian Chaerul Tanjung (CT), Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, serta Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang.

Pada kesempatan itu, Menko Perekonomian Chaerul Tanjung mengatakan, jalan Tol Manado-Bitung telah lama ditunggu masyarakat Manado karena menghubungkan Kota Manado dan pusat pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

"Jalan tol ada, maka menghubungkan kawasan ekonomi Bitung dengan kota bisa ditempuh lebih cepat. Sehingga cost logistik dapat ditekan dan kita harapkan Manado bisa menjadi pusat pertumbuhan baru kawasan Asia Pasifik," ujarnya, usai meresmikan pencanangan tiang pertama Tol Manado-Bitung, Manado, Sulawesi Utara, Minggu (12/10/2014).

Di sisi lain, pelabuhan Bitung juga akan dikembangkan sebagai hub internasional, sehingga dengan adanya Tol Manado-Bitung diharapkan bisa menjadi pintu gerbang ekonomi baru.

"Kalau KEK statusnya sudah kita tetapkan dengan perpres. Saat ini sedang dalam proses pembebasan lahan. Kita bangun tol untuk mendukung KEK. Begitu pula nanti ke depan di samping tol kita rencanakan kereta Manado-Bitung," ungkapnya.

Sebagai informasi, pembangunan Tol Manado-Bitung memiliki total panjang 39 km, terdiri atas dua segmen, yaitu segmen I Manado Ring Road-Airmadidi sepanjang 13,5 km dan segmen II Airmadidi-Bitung dengan panjang 25,5 km.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6538 seconds (0.1#10.140)