Investasi Foxconn Tunggu Jokowi Presiden RI

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 14:56 WIB
Investasi Foxconn Tunggu Jokowi Presiden RI
Investasi Foxconn Tunggu Jokowi Presiden RI
A A A
JAKARTA - Hingga saat ini Foxconn belum juga menyatakan akan investasi di Indonesia. Padahal perusahaan elektronik asal Taiwan tersebut merencanakan sejak 2 tahun lalu. Tersiar kabar Foxconn baru akan masuk setelah Joko Widodo (Jokowi) resmi dilantik menjadi presiden.

Menanggapi hal ini, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar mengatakan, dirinya yakin bahwa ada hal lain selain faktor Jokowi, yang membuat Foxconn belum merealisasikan pembangunan pabriknya di Indonesia.

"Kalau dia mau investasi kan karena cari keuntungan bukan karena presiden, bukan karena Jokowi. Tapi dunia memang melihat Jokowi sebagai sosok yang luar biasa. Tapi tetap saja harus ada perbaikan yang fundamental dan struktutral," ujarnya di Kantor BKPM, Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Dia mengungkapkan, setiap investor yang akan masuk ke Indonesia, termasuk Foxconn pada ujungnya akan tetap mempertimbangkan hal-hal teknis seperti pemberian insentif, ketersediaan lahan dan tenaga kerja.

Meski demikian, dengan resminya Jokowi menjadi presiden nantinya akan membantu mendorong Foxconn untuk segera merealisasikan investasinya.

"Foxconn memang banyak terkendala, ada yang menyampaikan seperti itu. Saya juga melihat aspek yang mungkin ada, seperti keinginan untuk menunggu pemerintahan baru. Tapi itu betul atau tidak, tetap saja dia akan membicarakan hal teknis seperti lahan," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5838 seconds (0.1#10.140)