Sharif Beri Wejangan Singkat untuk Susi

Rabu, 29 Oktober 2014 - 13:54 WIB
Sharif Beri Wejangan Singkat untuk Susi
Sharif Beri Wejangan Singkat untuk Susi
A A A
JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sharif C Sutardjo memberikan wejangan singkat kepada Menteri KKP yang baru, Susi Pudjiastuti. Wejangan tersebut tak lain adalah untuk mempertahankan pencapaian Kementerian KKP selama tiga tahun masa jabatannya.

Sharif juga mengungkapkan, capaian tersebut adalah pengidentifikasian pelayanan melalui alat ukur di kementerian. Pasalnya, dengan hal tersebut KKP mendapatkan banyak penghargaan salah satunya adalah penilaian 90% dari segi pelayanan dari Ombudsman.

"Kedua, adalah laporan grade A dari akuntabilitas Kemen PAN-RB. Capaian grade A tersebut merupakan capaian kementerian sektor sektoral satu-satunya. Selain itu mendapatkan penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) murni dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama tiga tahun berturut-turut," paparnya.

Pertumbuhan ekonomi KKP juga merupakan hal yang harus dipertahankan oleh Bos Susi Air ini. Karena, jelas Sharif, capaian pertumbuhan ekonomi KKP menurut laporan dan data Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 6,5% pada 2012.

"Pada 2013 mencapai 6,9%. Dan insyaallah pada tahun ini akan capai 7%. Jadi selama tiga tahun tersebut, rata-rata pertumbuhan kita lebih tinggi daripada nasional," paparnya.

Dibandingkan pertanian, pertumbuhan kelautan dan perikanan juga jauh lebih besar. Pertanian hanya mampu mencapai rerata pertumbuhan sekitar 3,5%. Padahal Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) KKP lebih kecil bila dibandingkan dengan pertanian.

"Padahal kita cuma dapat APBN sebesar Rp6 triliun, sedangkan pertanian itu jauh lebih besar daripada kita, yakni sebanyak Rp17 triliun," tutup Sharif.

(Baca: Lulusan SMP, Susi Minder Bicara dengan Pejabat Eselon)
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6998 seconds (0.1#10.140)