alexametrics

Menkeu Yakin Penyesuaian Harga Tekan Konsumsi BBM

loading...
Menkeu Yakin Penyesuaian Harga Tekan Konsumsi BBM
Menkeu Yakin Penyesuaian Harga Tekan Konsumsi BBM
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro optimis kebijakan penyesuaian harga akan menekan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Seperti diketahui, pemerintah akan melakukan penyesuaian harga BBM sebelum Januari 2015.

"Pasti menekan (konsumsi), tahun lalu, waktu harga naik Rp2.000, volume yang tadinya 48 juta kilo liter jadinya cuma 45,7 juta kilo liter," kata Bambang ketika berbincang dengan awak media di ruang pers Kementerian Keuangan Kamis (30/10/2014).

Meski begitu, ia tidak bisa menjamin kebijakan itu akan memastikan kuota BBM tahun ini tidak akan jebol. Seperti diketahui, Pertamina memperkirakan realisasi BBM bersubsidi akan melebihi kuota yang ditetapkan APBN-P 2014 yaitu 46 juta kilo liter. Pertamina memperkirakan konsumsi BBM bersubsidi kelebihan 1,6 juta kilo liter.



"Soal apakah masih lewat (kuota) atau tidak, ya kita lihat. Tapi intinya kita tetap jaga supaya kita enggak usah melakukan sesuatu yang drastis hanya untuk menyesuaikan dengan volume itu," tambahnya.

Dia mengatakan, cara yang lebih keras untuk mengendalikan BBM bisa dilakukan dengan cara non harga, seperti dengan pelarangan penggunaan kendaraan pribadi. Sayangnya teknologi belum siap mendukung kebijakan non harga.

"Sayangnya ESDM tak mengerjakan PR-nya. Mudah-mudahan menteri baru ini bisa membantu pengendalian dari sisi non harga," tambah Bambang.
(gpr)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top