Citilink Buka Rute Surabaya-Palangkaraya

Jum'at, 07 November 2014 - 15:43 WIB
Citilink Buka Rute Surabaya-Palangkaraya
Citilink Buka Rute Surabaya-Palangkaraya
A A A
JAKARTA - Maskapai penerbangan berbiaya murah (LCC) Citilink meresmikan penerbangan Surabaya–Palangkaraya pulang pergi (PP), yang melengkapi pilihan penerbangan ke Kalimantan setelah sebelumnya menerbangi kota Banjarmasin dan Balikpapan via Jakarta.

“Pemilihan kota Palangkaraya didasari oleh berbagai faktor, di antaranya aspek pertumbuhan ekonomi, membangun konektivitas antara kota-kota di Indonesia dan juga menjawab animo masyarakat akan penerbangan murah,” kata VP Sales & Distribution Citilink Indonesia Agus Dewanta dalam rilisnya, Jumat (7/11/2014).

Faktor penting lainnya, kata Agus, kehadiran Citilink juga untuk memajukan pariwisata lokal Kalimantan Tengah dan Palangkaraya, sehingga kota yang beberapa kali diusulkan menjadi ibu kota negara itu dapat lebih dikenal dalam skala nasional dan internasional.

Berdasarkan data BPS Semester I/2014, laju pertumbuhan ekonomi kumulatif (yoy) Provinsi Kalimantan Tengah merupakan yang paling tinggi di Kalimantan, yaitu mencapai 5,79%.

Sementara itu, sektor pariwisata yang disokong oleh industri hotel dan restoran juga mencatat pertumbuhan hingga 7,3% pada periode yang sama.

“Pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan tersebut tentunya mendorong peningkatan lalu lintas angkutan udara dari dan ke Kalimantan Tengah, Citilink ingin memanfaatkan kesempatan tersebut sejalan dengan semangat membangun konektivitas antarkota di Indonesia,” kata dia.

Agus mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan jika ke depannya Citilink akan meningkatkan frekuensi penerbangan dari dan ke Palangkaraya seiring dengan meningkatnya aktivitas ekonomi warga Kalimantan Tengah yang diikuti dengan penambahan armada pesawat Citilink yang akan terus bertambah hingga 2017 mendatang.

Citilink akan melayani penerbangan Surabaya-Palangkaraya setiap hari dengan keberangkatan pukul 10.30 WIB, sementara untuk Palangkaraya-Surabaya akan diberangkatkan pukul 10.40 WIB.

Citilink juga dipastikan akan membuka penerbangan Surabaya-Palembang-Padang PP dan Surabaya-Pekanbaru PP mulai 17 November mendatang guna mememperkuat jaringan keterhubungan antarkota di Indonesia.

Sejak memperoleh Air Operation Certificate (AOC) pada 2012, Citilink terus melebarkan sayap dengan meningkatkan jumlah pesawat dari 9 pesawat menjadi 23 pesawat pada 2013, serta target 32 pesawat pada akhir 2014.

Jumlah penumpang yang diterbangkan juga bertambah dari 2,9 juta penumpang pada 2012, melonjak menjadi 5,2 juta penumpang pada 2013 dan mendekati target 8,2 juta penumpang pada akhir tahun ini.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5200 seconds (0.1#10.140)