Dana Kelolaan Taspen Capai Rp120 Triliun

Selasa, 11 November 2014 - 11:04 WIB
Dana Kelolaan Taspen Capai Rp120 Triliun
Dana Kelolaan Taspen Capai Rp120 Triliun
A A A
JAKARTA - PT Taspen (Persero) memproyeksikan hingga akhir tahun ini dana kelolaan mencapai Rp120 triliun.

Sementara, tahun depan BUMN ini menargetkan dana kelolaan mencapai Rp130 triliun atau meningkat sekitar 8,33%. Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro menyatakan, kenaikan dana kelolaan didorong peningkatan layanan pembayaran manfaat pensiun, termasuk pertambahan jumlah peserta program kesejahteraan PNS, serta program jaminan sosial lainnya. “Saat ini Taspen mengelola 6,9 juta orang nasabah yang terdiri atas 4,5 juta orang peserta aktif dan 2,4 juta orang pensiunan,” kata Iqbal kemarin.

Sementara, Direktur Investasi PT Taspen Iman Firmansyah menuturkan, dari total dana kelolaan sekitar Rp130 triliun itu, sebesar 70% dialokasikan ke dalam deposito pada bank pemerintah, fix income berupa saham, surat utang negara dan obligasi 11-12%. “Kami juga mulai meningkatkan alokasi penyertaan investasi langsung yang kami perkirakan mencapai 2,5%,” ujarnya.

Pada 2015 program utama Taspen adalah peningkatan layanan agar dapat memberikan kepuasan kepada nasabah pensiunan, dengan visi pada investasi yang lebih tepat. Secara garis besar, Taspen memiliki dua jenis produk yaitu program Tabungan Hari Tua (THT) dan Program Pensiun. Lebih lanjut Iman Firmansyah mengatakan, investasi langsung akan diaplikasikan dengan pembuatan kawasan hunian.

Salah satu yang akan dibidik adalah kawasan Artha Loka yang berada di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Ke depan Taspen juga akan membuat rumah tinggal untuk pensiunan PNS, TNI dan Polri. “Ini kita lakukan karena kebutuhan pasar akan tempat tinggal cukup tinggi,” ujarnya.

Ridwansyah
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8195 seconds (0.1#10.140)