DPR: Konsultan Pemilihan Dirut Pertamina Harus Independen

Selasa, 11 November 2014 - 12:26 WIB
DPR: Konsultan Pemilihan...
DPR: Konsultan Pemilihan Dirut Pertamina Harus Independen
A A A
JAKARTA - Anggota DPR RI Azman Azam Natawijayana menegaskan, perusahaan konsultan yang turun langsung dalam pemilihan bursa calon dirut PT Pertamina harus yang tidak berkaitan dengan Kementerian BUMN, termasuk hubungan kerabat.

Seperti diketahui, Menteri BUMN Rini Soemarno tak menampik jika perusahaan milik saudara kandungnya Ongky Soemarno, turut andil dalam penilaian bakal calon dirut Pertamina. (Baca: Calon Dirut Pertamina Diseleksi Perusahaan Kakak Rini).

PT Daya Dimensi Indonesia yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang konsultan dipercaya Kementerian BUMN menjadi konsultan penyeleksian atau fit and proper test calon-calon dirut perusahaan pelat merah itu.

"Apapun itu tidak boleh seperti itu, harus independen, kalau bisa yang BUMN juga. Jadi, enggak ada faktor kepentingan, karena harus transparan," katanya saat dihubungi Sindonews, Jakarta, Selasa (11/11/14).

Azman mengkhawatirkan, bakal tersinyalir ada ketidak-fair-an yang menggeragoti kegiatan tersebut. Dia juga menegaskan, sebaiknya Menteri BUMN memakai konsultan independen, dan calon dirut dari internal Pertamina.

"Yang terbaik, apapun yang terjadi penggantian direksi itu lebih cocok dari internal. Bukan berarti dirut itu harus memahami masalah finansial saja. Tapi juga harus mengetahui score korporatif," ujarnya.

Dia menilai, hal ini juga agar memberi kesempatan bagi orang-orang internal yang sudah mengenyam tugas lama di perusahaan pelat merah tersebut.

"Mereka merintis dari bawah, tapi orang lain yang menikmati. Itu enggak akan sehat. Kita sarankan itu kepada Meneg BUMN, dari korporate atau lebih baik internal," pungkas Azman.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8994 seconds (0.1#10.140)