Tingkat Pemahaman Keuangan Wanita di Bawah Pria

Selasa, 11 November 2014 - 15:01 WIB
Tingkat Pemahaman Keuangan...
Tingkat Pemahaman Keuangan Wanita di Bawah Pria
A A A
JAKARTA - Meski pengelolaan keuangan dalam keluarga mayoritas dikuasai wanita dan sekitar sepertiga usaha kecil di Indonesia dimiliki wanita, ternyata tingkat pemahaman keuangan wanita lebih rendah dari pria.

Berdasarkan survei, sekitar 51% pengelolaan keuangan dalam keluarga dikuasai oleh kaum wanita. Sementara 33% usaha kecil di Indonesia dimiliki wanita.

"Dari 33% usaha kecil di Indonesia, pemiliknya adalah wanita," kata Presiden Direktur Commonwealth Bank Indonesia Tony Costa di Plaza Kuningan, Jakarta (11/11/2014).

Selain itu, 76 juta wanita Indonesia juga tercatat memiliki kartu kredit, 56,65% tingkat penggunaan produk perbankan dan keuangan dilakukan oleh wanita, dan 80% cek, pengeluaran keuangan dan bisnis dilakukan oleh wanita.

Kendati demikian, dominasi itu tidak selaras dengan tingkat pemahaman wanita terhadap keuangan. Menurut Tony, tingkat pemahaman keuangan wanita masih berada di angka 19%, sedangkan pria sebesar 25%.

Karena itu, Commonwealth Bank Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan literasi keuangan bagi kaum wanita di Indonesia.

"Kita komitmen untuk meningkatkan literasi keuangan wanita di Indonesia agar dapat mencapai kesejahteraan finansial mereka," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9653 seconds (0.1#10.140)