Pemerintah Targetkan Bangun Pembangkit Nuklir di 2025

Kamis, 13 November 2014 - 14:35 WIB
Pemerintah Targetkan Bangun Pembangkit Nuklir di 2025
Pemerintah Targetkan Bangun Pembangkit Nuklir di 2025
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana mengembangkan potensi nuklir sebagai alternatif pembangkit guna menjamin kebutuhan listrik di masa depan.

Kini, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) menjadi opsi harapan terakhir pemerintah.

Dirjen Ketenagalistrikan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman menargetkan, pada 2025 PLTN akan di bangun. Lantaran sangat dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan listrik yang naik signifikan.

"Kalau kami lihat perkiraan di 2025 kita butuh PLTN. Setidaknya kapasitas yang dibutuhkan itu 5 ribu MW," ujarnya di Jakarta, Kamis (13/11/2014).

Dia mengakui, hingga kini PLTN belum menjadi salah satu alternatif pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi nasional.

Sebab, pembangunan proyek kelistrikan ini cukup berisiko. Pemerintah perlu memperhatikan lokasi wilayah yang minim terhadap risiko gempa bumi.

"Lokasinya harus bebas gempa. Tapi untuk lebih detail sebaiknya tanya Batan saja," ucap Jarman.

Pihaknya menuturkan, investasi yang dikeluarkan untuk merealisasikan PLTN bergantung besarnya kapasitas pembangkit listrik.

Semakin besar kapasitas yang dihasilkan, maka investasi akan semakin kompetitif dijalankan.

"Bergantung kapasitas, makin besar seharusnya lebih murah. Kemudian juga teknologi seperti apa. Ini tentu ada pengaruhnya ke investasi," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5525 seconds (0.1#10.140)